EmitenNews.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI), atau BRI menyediakan layanan digital customer service. Bank BUMN terbesar ini menyediakan layanan yang mengandalkan digitalisasi itu, bagi yang anti ribet. Pasalnya, era digital telah berdampak pada berbagai aspek kehidupan, salah satunya mengubah pola perilaku konsumsi dan bertransaksi, serta keinginan masyarakat atas layanan yang lebih mudah dan cepat. 

 

Pergeseran perilaku masyarakat tersebut menjadi faktor pendorong bagi bank untuk selalu berinovasi agar dapat mempertahankan eksistensinya sekaligus untuk meningkatkan loyalitas nasabahnya.

 

Itu termasuk Bank BRI dengan merubah landscape layanan banking hall dari service centre menjadi sales centre secara bertahap. Salah satu teknologi yang mengakomodir kebutuhan tersebut adalah Mesin New SSB (Digi UB) yang akan diimplementasikan di Unit Kerja Operasional BRI.

 

Dalam keterangannya, Senin (18/9/2023), Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto mengungkapkan bahwa layanan ini bertujuan untuk memberikan kemudahan akses dan pengalaman bertransaksi kepada nasabah, sambil tetap mempertahankan aspek kebersamaan yandalam layanan perbankan tradisional. Pada akhirnya, hal ini menjadi upaya untuk mengoptimalkan layanan dan menggali potensi transaksi lainnya yang bersifat high impact atau high value.

 

Andrijanto mengemukakan, BRI sebagai salah satu bank terbesar dan tersebar di Indonesia, menyadari pentingnya mengubah, dan mengembangkan teknologi, terutama digitalisasi layanan perbankan secara menyeluruh (end-to end) dalam suatu perjalanan transaksi nasabah (Customer Journey) yang tidak terpisah atau terbatas pada suatu area tertentu. 

 

“Digitalisasi layanan perbankan ini juga harus tetap berpusat pada demografi dari nasabah BRI, kecepatan, keandalan perangkat, efisiensi dan efektivitas, serta mampu beradaptasi terus menerus menyempurnakan perjalanan digital,” ucap Andrijanto.

 

Mesin one stop service

Mesin ini disebut juga Digital CS atau mesin one stop service yang berfungsi untuk melayani transaksi nasabah secara self service. Digital CS merupakan konsep layanan perbankan yang menggabungkan teknologi digital dengan layanan personal pelanggan, sehingga layanan prima (service excellence) yang diberikan BRI dapat meningkatkan customer experience.

 

Bagusnya lagi, digital CS ini dapat melayani beragam aktivitas keuangan nasabah. Mulai dari pembukaan rekening (Tabungan BRI Britama, Britama Bisnis, Britama Muda, Simpedes, Simpedes Usaha), penggantian kartu, Reissue PIN, enable kartu. Lainnya, passbook printing (Card & Cardless), cetak rekening koran (Card & Cardless), kirim rekening koran via email (Card & Cardless), cetak 5 transaksi terakhir (Card & Cardless), hingga penerbitan kartu debit.