EmitenNews.com - Bentoel Investama (RMBA) meneken transaksi afiliasi senilai USD1,45 juta selevel Rp21,93 miliar. Transaksi itu melibatkan Bentoel Prima (BP) sebagai penjual, dan British American Tobacco (BAT) Dubai sebagai pembeli. Transaksi telah diteken 17 November 2023.


BP menjual satu set Cigarette Maker Machine kepada BAT Dubai sesuai dengan perjanjian jual beli aset. Nilai transaksi sebesar USD1,45 juta dengan kurs tengah Bank Indonesia Rp15.026 per USD atau setara Rp21,93 miliar. Itu sudah termasuk biaya penilaian jasa, pengepakan, pengiriman, pembongkaran, dan asuransi. 


Dengan demikian, transaksi yang dilakukan oleh perseroan tidak merupakan transaksi material sesuai dengan ketentuan POJK 17/2020. Transaksi itu, dilatari strategi usaha perseroan, untuk mengoptimalkan sumber daya, dan aset milik Bentoel Group yang sudah tidak digunakan lagi. 


Itu dilakukan dengan pertimbangan mesin yang tidak digunakan untuk operasional BP dinilai tidak produktif. Oleh karena itu, aset-aset yang dinilai tidak produktif secara bisnis akan menguntungkan BP jika aset dijual. Dan, dana hasil penjualan aset tidak produktif tersebut dapat mendukung pendanaan untuk kegiatan operasional BP. 


Adapun pertimbangan BP menjual aset-aset yang tidak produktif kepada pihak afiliasi adalah kemudahan dalam hal negosiasi transaksi jual beli, dan sama-sama memiliki visi bisnis yang sama dengan perseroan. (*)