EmitenNews.Com- PT Bumi Resources Tbk. (BUMI) melalui anak usahanya PT Kaltim Prima Coal (KPC) melanjutkan program “Sustainable Development” dalam Sistem Penyediaan Air Minum Desa (SPAMDES) di sejumlah desa di Kecamatan Rantau Pulung, Kabupaten Kutai Timur, Kaltim.


Komitmen KPC ini adalah salah satu kontribusi Perusahaan dalam meningkatkan kemandirian desa di lingkungan sekitar khususnya Kecamatan Rantau Pulung. Bantuan yang diserahkan berupa peralatan pendukung, reservoir, meteran dan box meteran air bersih yang disampaikan pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Rantau Pulung, Selasa (9/3/2021).


Serah terima dilakukan langsung oleh General Manager External Affairs and Sustainable Development (ESD) Wawan Setiawan, kepada Camat Rantau Pulung Mulyono S, STP, M.Si. Acara ini turut disaksikan oleh Bupati Kutai Timur Drs. H. Ardiansyah Sulaiman M.Si, Wakil Bupati Kutai Timur Dr. H. Kasmidi Bulang ST., MM, Ketua DPRD Kutai Timur Joni S.Sos dan anggota FKPD lainnya.


Selain itu, diserahkan juga bantuan peralatan olahraga tenis meja dan bola volley. Program Desa Mandiri merupakan program Pemerintah Kabupaten Kutai Timur. Program ini mendapat dukungan KPC dan masuk menjadi salah satu program unggulan dari tujuh program unggulan Corporate Social Responsibility (CSR) KPC.


Program ini telah dilaksanakan sejak tahun 2008 lalu dan mampu meningkatkan jumlah desa mandiri dari 4 desa pada tahun 2014 menjadi 11 desa pada tahun 2018. Camat Rantau Pulung Mulyono S, STP, M.Si dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPC, yang terus mendukung program pemerintah di wilayahnya.


Selain bantuan ini, Mulyono juga menyebutkan sejumlah programnya yang dibantu KPC, antara lain program Jamban Sehat. Pada 2018 lalu, KPC membangun 110 Jamban Sehat di wilayah Rantau Pulung dan program ini telah mengantarkan sang camat menjadi Camat Teladan Tingkat Provinsi Kaltim.


Adika Nuraga Bakrie - Deputy President Director BUMI menyatakan berbahagia dan senang atas kontribusi yang diberikan KPC, “Program ini menjadi bukti bahwa BUMI dan unit usaha memiliki komitmen untuk terus mendukung terlaksananya program Pemerintah dalam Sustainable Development Goals (SDGs) program. Kami akan terus berpartisipasi dan meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat sekitar tambang, mematuhi semua peraturan lingkungan, meningkatkan peran Perusahaan dalam pengelolaan lingkungan, konservasi dan efisiensi dalam penggunaan sumber daya alam (air dan energi), pelestarian keanekaragaman hayati, dan melaksanakan program pengembangan masyarakat (Community Development). BUMI adalah penyumbang terbesar kepada kas Negara – tertinggi di Indonesia dalam hal royalti, dan juga devisa hasil ekspor, serta termasuk dalam pembayar pajak terbesar di Indonesia – dan Perseroan terus fokus dalam memanfaatkan penggunaan produk domestik,” ujar Adika