EmitenNews.com - Bursa Saham Eropa diperkirakan dibuka menguat pada hari Jumat ini, mengikuti kenaikan global karena minggu perdagangan yang berfluktuasi lainnya akan ditutup.

 

FTSE 100 Inggris diperkirakan dibuka sekitar 75 poin lebih tinggi pada 7.378, DAX Jerman akan bertambah sekitar 120 poin menjadi 14.002 dan CAC 40 Prancis diperkirakan akan naik sekitar 49 poin menjadi 6.322.

 

Pan-European Stoxx 600 menuju minggu yang negatif, setelah ditutup lebih rendah pada hari Kamis karena kekhawatiran tentang inflasi dan laporan pendapatan yang tidak menyenangkan dari pengecer AS merusak sentimen global.

 

Pasar di Asia-Pasifik menguat pada hari Jumat, dengan indeks Hang Seng Hong Kong memimpin kenaikan, karena China mempertahankan suku bunga pinjaman acuan satu tahun tidak berubah pada 3,7% tetapi memangkas suku bunga pinjaman lima tahun sebesar 15 basis poin.

 

Saham berjangka AS naik dalam perdagangan premarket, menunjuk ke pembukaan yang lebih tinggi di Wall Street pada hari Jumat karena para pedagang mengamati untuk melihat apakah S&P 500 akan jatuh ke wilayah pasar beruang.

 

Investor global terus melacak perang di Ukraina dan implikasi geopolitiknya, yang telah mendorong melonjaknya harga energi dan pangan di seluruh dunia.

 

Program Pangan Dunia mengatakan kegagalan untuk membuka kembali pelabuhan Ukraina akan menjadi deklarasi perang terhadap keamanan pangan global.

 

Perang kemungkinan akan berlanjut sepanjang musim panas dan mungkin seterusnya, meskipun ada tanda-tanda bahwa beberapa bagian negara itu kembali normal, kata penasihat presiden Ukraina Oleksii Arestovych.

 

Para menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari negara-negara industri terkemuka Kelompok Tujuh saat ini bertemu di Bonn, Jerman, untuk membahas upaya mendukung Ukraina dan tantangan ekonomi global yang timbul dari konflik tersebut.