EmitenNews.com - ?Berdasarkan Survei Pemantauan Harga (SPH) pada Minggu III Januari 2023, perkembangan harga sampai dengan minggu ketiga Januari 2023 diperkirakan terjadi inflasi sebesar 0,41% (mtm).


"Komoditas utama penyumbang inflasi Januari 2023 sampai dengan minggu ketiga yaitu cabai rawit, cabai merah masing-masing sebesar 0,06% (mtm), bawang merah 0,05% (mtm), dan beras 0,04% (mtm)," sebut Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Erwin Haryono, dalam keterangan persnya.


Selanjutnya emas perhiasan, rokok kretek dengan filter masing-masing sebesar 0,03% (mtm), serta bawang putih, kangkung, tahu mentah, nasi dengan lauk, rokok kretek dan tarif air minum PAM masing-masing sebesar 0,01% (mtm).


Sementara itu, sejumlah komoditas yang menyumbang deflasi pada periode ini yaitu bensin -0,06% (mtm), angkutan udara -0,05% (mtm), telur ayam ras -0,03% (mtm) dan tomat -0,01% (mtm).


Erwin mengatakan Bank Indonesia terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait serta mengoptimalkan strategi bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan guna mendukung pemulihan ekonomi lebih lanjut.(fj)