EmitenNews.com -

PT Astra International Tbk (ASII) akan menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 14 Agustus 2023 mendatang. Perseroan pun akhirnya menyampaikan pemanggilan rapat yang juga dipublikasikan di keterbukaan informasi pada situs Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat (21/7/2023).

 

"Dengan ini kami sampaikan kepada para pemegang saham bahwa akan diselenggarakan RUPS luar biasa," jelas Sekretaris Perusahaan Astra, Gita Tiffany Boer dalam pemanggilan RUPSLB perseroan.

 

Dia menambahkan, pemegang saham yang berhak hadir dalam RUPSLB adalah pemegang saham Astra yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham perseroan pada 20 Juli 2023 pukul 16.00 WIB.

 

Adapun agenda RUPSLB yang akan digelar di Menara Astra, Jakarta ini adalah perubahan susunan anggota dewan komisaris perseroan. Rapat rencananya digelar mulai pukul 09.00-10.00 WIB.

 

Disisi lain, Astra International (ASII) akan mengakuisisi mayoritas saham OLX Autos atau yang dulu dikenal dengan brand Tokobagus, platform layanan jual beli online mobil bekas milik OLX Group.

 

"Astra akan akuisisi 99,98% saham PT Tokobagus.  Akuisisi tersebut akan dilakukan perseroan melalui anak usahanya, PT Astra Digital Mobil, operator Mobbi, marketplace jual beli mobil bekas online," kata Head of Corporate Investor Relations Astra International Tira Ardianti, Jumat (21/7/2023).

 

Menurut Tira, sejalan dengan itu, direksi PT Tokobagus menyampaikan bahwa Astra Digital Mobil akan menjadi pemegang saham pengendali baru PT Tokobagus melalui transfer 99,98% saham yang diterbitkan dan disetor dalam perusahaan dari Silver Indonesia JVCO BV.

 

Kepada pihak-pihak yang berkepentingan termasuk kreditur, direksi Tokobagus menyatakan, dapat menghubungi atau mengajukan keberatan secara tertulis dalam waktu 14 hari kalender, terhitung sejak pengumuman diumumkan pada 11 Juli 2023.