EmitenNews.com - Astra International (ASII) akan mencaplok 99,98 persen saham Tokobagus. Akuisisi akan dilakukan melalui anak usaha perseroan. Yaitu, Astra Digital Mobil (ADMO), dan Astra Digital International (ADI).


Nah, pada Juli 2023, ADMO telah menandatangani perjanjian untuk membeli 99,98 persen saham Tokobagus dari Silver Indonesia JVCo B.V. Lalu, sisanya 0,02 persen saham Tokobagus, akan dibeli oleh Astra Digital Internasional (ADI) dari pemegang saham lain Tokobagus. 


Penyelesaian transaksi oleh ADMO dan ADI itu, akan tunduk pada dipenuhinya beberapa persyaratan tertentu. ”ADMO dan ADI merupakan perusahaan-perusahaan yang seluruh sahamnya dimiliki secara langsung dan tidak langsung oleh Perseroan,” tulis Gita Tiffany Boer, Corporate Secretary Astra International. 


Tokobagus, perusahaan yang mengoperasikan sebuah platform iklan baris terkemuka Indonesia dengan merek OLX. Platform itu, menghubungkan pembeli, dan penjual untuk menjual dan membeli barang (termasuk mobil) secara mudah melalui platform tersebut. 


Untuk kepentingan itu, Astra International akan menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 14 Agustus 2023 mendatang. Pemegang saham berhak hadir dalam RUPSLB itu, harus tercatat dalam daftar pemegang saham pada Kamis, 20 Juli 2023 pukul 16.00 WIB. (*)