EmitenNews.com - Ini bagian dari misi Sumatera Barat menjadi pusat perdagangan terkemuka di Sumatera bagian tengah. Kementerian Perdagangan dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat berkolaborasi menciptakan eksportir baru melalui Export Coaching Program (ECP). Sumbar menjadi salah satu dari 11 daerah penerima ECP dari Kemendag pada 2023.

 

Dalam keterangannya yang dikutip Rabu (7/6/2023), Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar, Novrial di Padang, mengatakan program tersebut mendapat cukup banyak peminat.

 

“Saat program ini dimulai, terdapat 95 calon eksportir se-Sumatera Barat yang mendaftar secara online dan mengikuti webinar. Pada seleksi dan verifikasi tahap dua terpilih 40 calon dari 95 orang yang mendaftar," katanya.

 

Melalui seleksi, dan verifikasi lanjutan, jumlah peserta kembali menyusut. Saat mengikuti Trainning of Exporters (ToX) tahap III bagi calon eksportir, tinggal 30 orang yang akan lanjut mendapatkan pembekalan sampai akhir program.

 

Menurut Novrial, program yang diluncurkan oleh Kemendag RI itu sejalan dengan misi Pemprov Sumbar untuk menjadikan Sumatera Barat sebagai pusat perdagangan terkemuka di Sumatera bagian tengah.

 

"Salah satu upaya mencapai hal itu, dengan menciptakan eksportir-eksportir baru dan milenial yang akan mengekspor komoditi potensial Sumatera Barat atau komoditi provinsi tetangga melalui Sumbar," kata Novrial. ***