Dalam Rapat Komisi XI DPR, Menkeu Dicecar Soal PPN Sembako dan Sekolah

10/06/2021, 21:44 WIB

Dalam Rapat Komisi XI DPR, Menkeu Dicecar Soal PPN Sembako dan Sekolah

EmitenNews.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mendapat gempuran pertanyaan saat hadir dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI, Kamis (10/6/2021). Rapat yang dipimpin Ketua Komisi XI Dito Ganinduto itu, membahas pagu indikatif Kementerian Keuangan dalam RAPBN 2022, tetapi para anggota Dewan malah mencecar Menkeu dengan pertanyaan soal sembako dan sekolah yang akan dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

 

Ihwal PPN yang disoal itu tertuang dalam draft RUU Perubahan Kelima Atas Undang-undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP). Para anggota Komisi XI DPR RI sebagai mitra kerja Kementerian Keuangan belum terima draft rencana tersebut dari pemerintah, tetapi sudah ramai jadi bahan berita. Anggota Komisi XI dari Fraksi PDI Perjuangan, Andreas Eddy Susetyo meminta penjelasan Menteri Sri Mulyani Indrawati. Ia mengaku mendapat banyak pertanyaan dari konstituennya mengenai PPN itu.

 

"Sampai saat ini kami belum menerima draft resmi dari pemerintah. Mereka nggak percaya 'lho terus kamu kerjanya apa?' mereka mempertanyakan. Pedagang pasar di Malang nelepon saya berkali-kali, bilang masa DPR nggak tahu. Saya merasa terpojok karena memang betul-betul belum membahas ini," katanya.

 

Anggota Komisi XI dari Fraksi Golkar, Puteri Anetta Komarudin menyayangkan jika benar ada rencana untuk mengenakan PPN terhadap sembako hingga sekolah itu. Mestinya, kata dia, ketika dampak ekonomi pandemi Covid-19 dirasakan oleh berbagai level masyarakat, pemerintah mengoptimalkan penerimaan negara bukan dari barang-barang yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat.


Author: N A