EmitenNews.com - Senangnya Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi mengaku senang, investasi bisa berjalan dari hulu ke hilir, dan tersebar di beberapa kawasan Indonesia. Tidak terpusat di Jawa saja.


"Semuanya sangat baik. Tidak di Jawa saja, tetapi di luar Jawa juga banyak dibangun untuk investasi," kata Presiden Jokowi saat meresmikan pembangunan pabrik LG energi di Kawasan Industri Terpadu Batang, Jawa Tengah, Rabu (8/6/2022).


Presiden Jokowi menguraikan, investasi di bidang pertambangan. Peleburan (smelter) nikel berlokasi di Halmahera (Maluku Utara), industri prekusor katodanya di Kawasan Industri Terpadu Batang, Jawa Tengah. Lalu, pabrik baterai di Karawang dan mobil listrik di Cikarang. Semuanya berjalan dengan sangat baik.


Sebagai negara yang mempunyai cadangan sumber daya nikel terbesar di dunia, menurut Presiden, Indonesia diharapkan menjadi produsen utama produk-produk barang yang berbasis nikel.


Untuk itu Presiden sudah memiliki keinginan menghentikan ekspor nikel dan dilanjutkan dengan bahan mentah bauksit. Tujuannya, agar Indonesia dapat memproduksi barang jadi yang berasal dari alumunium. Keinginan Presiden, Indonesia menjadi produsen utama produk-produk barang yang berbasis nikel seperti liquid baterai, baterai listrik, baterai kendaraan. ***