EmitenNews.com - PT Bintang Samudera Mandiri Lines (BSML) resmi debut perdana di pasar modal hari ini, Kamis (16/12). Saham Bintang Samudera Mandiri langsung mengangkasa. Melesat 40 poin (34,2 persen) menjadi Rp157 per saham.


Saham Bintang Samudera ditransaksikan 2 juta lot dengan nilai Rp28,54 miliar. Bintang Samudera memiliki kapitalisasi pasar Rp290,49 miliar dengan dukungan PER 0,01 kali.


Bintang Samudera mencatatkan diri sebagai emiten ke-53 tahun ini. Menjajakan saham IPO Rp117 per saham, Bintang Samudera meraup dana segar Rp43 miliar. 


Bintang Samudera melepas maksimal 370.045.000 lembar atau 20 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh.


Direktur Utama Bintang Samudera Mandiri Lines, David Desanan Winowood optimistis IPO akan membawa perseroan menjadi perusahaan jasa angkut laut dapat diandalkan di Indonesia dengan struktur permodalan kuat, ”IPO Bintang Samudera Mandiri Lines menjadi babak baru industri transportasi laut di Indonesia. Bintang Samudera Mandiri Lines siap menjadi salah satu moda transportasi laut dapat diandalkan di Indonesia,” tegas David. 


Banyak peluang dan potensi bisnis lebih besar ke depan pada kegiatan industri Bintang Samudera sebagai jasa angkutan layanan moda laut Indonesia. “Sektor-sektor industri di Indonesia menunjukkan pertumbuhan dan potensi bisnis positif, dan sebagai perusahaan jasa angkutan laut, BSML akan menjadi mitra yang dapat diandalkan untuk memberikan layanan pengangkutan jasa barang hasil-hasil industri di berbagai pulau di Indonesia,” ucapnya. 


Bintang Samudera Mandiri terus berupaya mengembangkan kinerja usaha guna meningkatkan performa perusahaan. Ke depan itu diharap akan dapat tercapai dengan tetap menjaga kualitas layanan kepada pelanggan, keselamatan pelayaran saat beroperasi, ketepatan waktu, dan pelayanan purna jual baik. 


Bintang Samudera Mandiri merupakan perusahaan jasa angkutan moda laut lokal melayani rute pelayaran, pengangkutan barang antarpelabuhan baik secara tetap, teratur maupun pelayaran tidak tetap, dan tidak teratur (tramper). 


Kegiatan usaha Bintang Samudera sebagai perusahaan jasa angkut moda laut meliputi jasa pengangkutan barang khusus seperti barang tambang, barang konstruksi, alat berat, barang-barang pertanian, layanan pelayaran seperti persewaan kapal, jasa floating storage kargo, transhipment, hingga jasa layanan pengurusan dokumen pelayaran dan kapal (agency). 


Bintang Samudera berdiri sejak 2012 dengan area operasi armada kapal di perairan Indonesia seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Kegiatan industri jasa BSML merupakan komitmen sebagai perusahaan jasa angkutan laut di Indonesia yang memberikan layanan prima untuk kebutuhan pelanggan, guna bersama-sama mendukung pembangunan bangsa dan negara Indonesia. (*)