EmitenNews.com—PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) yang bergerak di sektor perdagangan dan distribusi bahan bakar minyak dan bahan kimia dasar serta penyedia jasa logistik, pada 5 Desember 2022 telah mendivestasi entitas usahanya.


Merujuk keterangan resmi AKRA yang dikutip, Kamis (8/12/2022) tertera, anak usaha perseroan yang di jual adalah PT Andahanesa Abadi (AA) dengan skema mengalihkan seluruh sahamnya sejumlah 49 persen.


"Adapun pengalihan saham sebanyak itu ditampung oleh PT Terminal Curah Semarang (TCS) kepada PT Pelindo Multi Terminal dengan nilai transaksi sebesar Rp147,86 juta," kata Suresh Vembu Direktur AKRA.


TCS diperuntukkan untuk operator terminal curah cair dan gas di Semarang. PT Pelindo Multi Terminal adalah anak usaha BUMN PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang mengelola entitas bisnis kepelabuhanan di bidang operasi terminal multipurpose di Indonesia, seperti curah cair, curah kering, kargo umum dan lain sebagainya.


Adapun TSC di dirikan oleh AKRA melalui anak usahanya PT Anahanesa Abadi yang berpatungan dengan PT Berlian Jasa Terminal Indonesia. Komposisi pemegang saham TCS adalah Andahanesa Abadi menguasai sebesar 60%, dan 40% sisanya dimiliki oleh Berlian Jasa Terminal Indonesia.


TCS ini telah disahkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia melalui surat keputusan yang dikeluarkan pada tanggal 21 Januai 2016.