EmitenNews.com - PT Telkomsel Ekosistem Digital (TED) mulai membentuk operating company yang akan melakukan kegiatan operasional di bawah TED yaitu PT Fita Sehat Nusantara (Fita) dan PT Kuncie Pintar Nusantara (Kuncie). 


Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai regulator di Pasar Modal Indonesia meminta penjelasan lebih dalam terkait bentuk lebih detail dari kegiatan operasional yang akan dilakukan oleh Fita dan Kuncie sebagai entitas usaha emiten PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM).


Manajemen TLKM menjelaskan bahwa Fita menyediakan platform kesehatan untuk mendorong masyarakat membangun kebiasaan baik, dan menerapkan gaya hidup lebih sehat sebagai bentuk pencegahan agar tidak mudah terserang penyakit.


Fita telah dipercaya oleh lebih dari satu juta pengguna dan menduduki peringkat pertama di Google Playstore dalam kategori Health & Fitness. Sebanyak 300.000 pengguna setiap bulannya aktif menggunakan aplikasi Fita. Fita memenangkan penghargaan “Best Hidden Gems” dari Google Playstore Indonesia pada akhir 2021.


Adapun Kuncie menyediakan platform pembelajaran yang menyediakan akses bagi para mentor baik individual maupun institusi yang memudahkan mereka untuk membuka kelas online, menjual materi pembelajaran premium, dan mengadakan webinar, untuk melayani para entrepreneurdan profesional di Indonesia yang ingin belajar topik-topik yang dapat membantu meningkatkan skill mereka.


Saat ini Kuncie telah melayani lebih dari satu setengah juta pengguna terdaftar dengan 400.000 pengguna aktif setiap bulannya. Lebih dari 100 mentor sudah bergabung, dan 1.000 materi pembelajaran telah tersedia di platform Kuncie. Kuncie juga selalu menduduki peringkat 5 besar di Google Playstore untuk kategori Education dan memenangkan penghargaan “Best app for personal development” dari Google Playstore Indonesia pada akhir 2021.


Terkait dengan target waktu Fita dan Kuncie dapat menjalankan kegiatan operasional secara komersialnya,TLKM menjawab, Fita dan Kuncie diharapkan dapat menjalankan kegiatan operasional secara komersial pada semester pertama 2022.


Target pasar Fita sangat luas yaitu masyarakat Indonesia yang ingin menjalani kebiasaan hidup yang lebih sehat sekaligus mendapatkan insentif pada setiap aktivitas-aktivitas kesehatannya. Kuncie menargetkan 3 segmen besar untuk bergabung di platform Kuncie:


1. Para mentor yang ingin menjangkau lebih banyak lagi audience yang mau belajar dari ilmu yang mereka miliki.

2. Para entrepreneur yang ingin belajar untuk mengembangkan bisnis mereka

3. Para pekerja profesional yang ingin meningkatkan skill kerja atau mempelajari hal baruuntuk perkembangan karier mereka.


Untuk rencana pengembangan operasional TED yang diposisikan sebagai holding DigiCo dalam Telkom Group selain pendirian Fita dan Kuncie. Selain Fita dan Kuncie, TED saat ini juga menaungi Majamojo, sebuah perusahaan joint venture yang mengambil posisi sebagai game publisher. Majamojo akan berfokus pada pengembangan industri games, dengan membuka peluang kemitraan strategis bersama perusahaan pengembang pihak ketiga.