EmitenNews.com—Segenap pelaku pasar modal pada hari ini memperingati 45 tahun diaktifkan kembali pasar modal pada pagi ini, Rabu (10/9/2022) dengan pencapaian 804 emiten dan 4 juta investor saham. Namun terdapat beberapa hal yang menjadi Pekerjaan Rumah (PR)  yang  menjadi perhatian Bursa Efek Indonesia(BEI) kedepan.

 

Direktur Utama BEI, Imam Rachman mengatakan perusahaan tercatat di papan perdagangan bursa telah mencapai 804 emiten atau meningkat 39 persen dari jumlah emiten tahun 2017. Hasil membuat BEI tercatat sebagai bursa dengan pendatang baru terbanyak di kawasan ASEAN selama 3 tahun belakangan ini.

 

“Tapi kita tidak hanya akan meningkatkan kuantitas saja, juga harus memperhatikan kualitas emiten baru,” kata dia dalam sambutan perayaan 45 tahun diaktifkan kembali pasar modal, Rabu(10/9/2022).

 

Ia melanjutkan, jumlah investor saham juga telah mencapai 4 juta SID (Single Investor Identification), Jumlah ini setara dengan 4 kali lipat dari jumlah SID tahun 2017. Menariknya dari 4 juta investor, 59 persen datang dari investor berusia kurang dari 30 tahun.

 

“Tapi sayangnya, dari 4 juta investor hanya 200-300 ribu SID yang aktif bertransaksi, ini juga menjadi perhatian kami untuk meningkat jumlah investor aktif,” kata dia.

 

Pada sisi lain, dia menerangkan akan terus melakukan pendalaman pasar dengan mengeluarkan produk produk baru. Misalnya produk struktur waran.

 

“Jika berkaca di bursa lain, transaksi struktur waran dapat menyumbang 10-20 persen dari total nilai transaksi harian,” pungkas dia.