EmitenNews.com - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Pan Brothers Tbk (PBRX) menyetujui peningkatan modal dasar perseroan menjadi Rp647,5 miliar atau menjadi 19,42 miliar saham, seiring dengan rencana PBRX melakukan rights issue pada tahun ini maupun masa mendatang.


"Dengan meningkatnya saham dalam portepel, perseroan dapat melakukan penertiban saham baru pada waktu diperlukan," kata Direktur PBRX, Fitri Ratnasari Hartono usai pelaksanaan RUPST yang digelar di Jakarta, Senin (27/6/2022).


Fitri menyebutkan, PBRX akan meningkatkan modal dasar dari Rp300 miliar menjadi sebesar Rp647,5 miliar dengan nilai nominal Rp25 per saham, serta meningkatkan saham dalam portepel dari 5,52 miliar lembar menjadi 19,42 miliar lembar. Saat ini jumlah saham yang ditempatkan dan disetor penuh sebanyak 6,48 lembar.


Menurut Fitri, pada pelaksanaan RUPST hari ini para pemegang saham juga menyetujui rencana perseroan yang tidak akan membagikan dividen. Sebesar Rp1 miliar dari laba bersih akan digunakan sebagai dana cadangan.


Dana hasil Penawaran Umum Terbatas III (PUT III) sebesar Rp1,01 triliun telah digunakan seluruhnya oleh PBRX. Sebesar Rp246,5 miliar dana hasil PUT III untuk peningkatan kapasitas produksi melalui entitas anak, yakni PT Eco Smart Garment Indonesia.


Sedangkan, senilai Rp316,68 miliar untuk melakukan investasi di sektor hulu maupun hilir dan sebesar Rp449,03 sudah digunakan untuk meningkatkan modal kerja PBRX untuk mendukung operasional perseroan.


Menurut Fitri, pada tahun ini perseroan menyiapkan dana belanja modal sebesar USD5 juta atau lebih besar dibanding 2021 yang senilai USD4,1 juta. "Sepanjang 2021, PBRX mengkonsentrasikan penambahan kapasitas melalui otomatisasi, digital dan upskilling seluruh lini personal," ucapnya.


Sebagaimana diketahui, urai Fitri, kapasitas terpasang untuk garmen di 2021 adalah sebanyak 117 juta potong per tahun dan diperkirakan tidak ada perubahan untuk tahun ini. "Pada tahun ini kami menargetkan pertumbuhan penjualan sebesar 10 persen dibanding 2021." ***