EmitenNews.com - Setelah menutup gap ke 6730 pada perdagangan awal pekan (14/2), hari ini indeks harga saham gabungan (IHSG) berpotensi technical rebound.


Analis Phintraco Sekuritas, Valdy Kurniawan mengatakan jika kembali ke atas 6750, rebound IHSG dapat berlanjut ke kisaran 6780-6800 di perdagangan Selasa (15/2) ini. Maka saham-saham komoditas seperti ADRO, PTBA, ANTM, MEDC, TINS, AALI dan LSIP menurutnya dapat diperhatikan.


Namun Valdy mengingatkan IHSG berpotensi tertekan oleh faktor psikologis dari pelemahan mayoritas indeks global dan regional seiring eskalasi konflik geopolitik di perbatasan Ukraina.


"Hal ini mendorong penguatan harga-harga komoditas, terutama safe-haven (emas dan perak), serta energi (minyak dan gas). Dalam jangka pendek hal tersebut memicu penguatan harga saham-saham komoditas," jelasnya.


Dari dalam negeri, optimisme outlook pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2022 diperkuat dengan kenaikan Indeks Penjualan Riil (IPR) sebesar 16% yoy ke 211 di Januari 2022.


Masih dari dalam negeri, pelaku pasar juga menunggu BPS yang hari ini dijadwalkan merilis data Neraca Perdagangan Indonesia (NPI) Januari 2022.(fj)