EmitenNews.com—IHSG membentuk pola marubozu di Rabu (3/8), pasca dragonfly doji di Selasa (2/8). Secara teknikal, pola tersebut mengindikasikan potensi penguatan lanjutan pada Kamis (4/8). Jika break 7050, IHSG berpotensi melanjutkan penguatan ke 7085 (tutup gap) di Kamis (4/8).

 

Potensi penguatan lanjutan IHSG tersebut sejalan dengan proyeksi berlanjutnya penguatan BUKA dan rebound lanjutan GOTO secara teknikal di Kamis (4/8), mengingat keduanya memiliki market cap. yang relatif besar. Keduanya dipengaruhi oleh katalis positif dari laporan keuangan 1H-2022 dan aksi korporasi, kata Valdy Kurniawan Analis Phintraco Sekuritas.

 

Selain keduanya, peluang trading pada ARTO, TOBA dan EMTK juga dapat diperhatikan pada perdagangan Kamis (4/8). Saham lain yang juga dapat diperhatikan adalah ADRO, ESSA, LSIP, SAME dan SHIP.

 

Selain itu, posisi Indonesia sebagai negara non-block meredam kekhawatiran dampak negatif dari peningkatan ketegangan geopolitik antara AS dengan Tiongkok menyusul kunjungan U.S. House Speaker, Nancy Pelosi ke Taiwan. Pemerintah Tiongkok menghentikan izin impor dari puluhan importir sejumlah produk di Taiwan dan mengumumkan rencana latihan militer di sejumlah wilayah perairan sekitar Taiwan.

 

Dari dalam negeri, spekulasi kenaikan sukubunga acuan oleh BI seiring kecenderungan peningkatan inflasi dalam beberapa bulan terakhir menjadi concern lain bagi pelaku pasar di Indonesia.