EmitenNews.com - Perusahaan yang bergerak di industri peralatan rumah tangga dan perdagangan besar PT Selaras Citra Nusantara Perkasa Tbk (SCNP) pada tanggal 16 Maret 2022, Perseroan melaksanakan pengambilan bagian dan penyetoran saham kepada serta dalam rangka peningkatan modal ditempatkan dan modal disetor dari PT Onesteel Medikal Perkasa melalui penandatanganan Akta Berita Acara Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Onesteel Medikal Perkasa (PT OMP).

 

Merujuk keterangan resmi SCNP, Jumat (18/3/2022), Donny Herwindo selaku Direktur SCNP menyatakan, perseroan melakukan pengambilan bagian dan penyetoran sebanyak 20.000 lembar saham atau senilai dengan Rp2 miliar kepada PT OMP. Jumlah pengambilan bagian dan penyetoran saham tersebut, setara dengan 20 persen dari modal ditempatkan dan modal disetor dari PT OMP. Berdasarkan pengambilan bagian dan penyetoran saham PT OMP tersebut, selanjutnya Perseroan akan duduk sebagai pemegang saham dari PT OMP. 

 

“Sumber dana yang digunakan Perseroan untuk melakukan pengambilan bagian dan penyetoran saham kepada PT OMP, berasal dari kas internal Perseroan,” ungkap Donny.

 

PT OMP merupakan badan hukum perseroan terbatas yang tunduk kepada hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berkedudukan di Kabupaten Bekasi. Sampai saat ini, PT OMP telah melaksanakan kegiatan usaha di bidang industri manufaktur komponen alat kesehatan. 

 

Sampai dengan sebelum pelaksanaan pengambilan bagian dan penyetoran saham PT OMP oleh Perseroan pada tanggal 16 Maret 2022, Perseroan dan PT OMP tidak memiliki hubungan afiliasi apapun, sebagaimana afiliasi tersebut diatur di dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan nomor 42 POJK.04/2020 tentang Transaksi Afiliasi dan Benturan Kepentingan. 

 

Tujuan Perseroan dalam melaksanakan pengambilan bagian dan penyetoran saham kepada PT OMP, adalah untuk merealisasikan rencana Perseroan untuk melaksanakan diversifikasi kegiatan usaha ke dalam bidang industri alat kesehatan sebagaimana telah diungkapkan di dalam Prospektus Penawaran Umum Perdana Saham Perseroan. Realisasi rencana Perseroan untuk melaksanakan diversifikasi kegiatan usaha ke dalam bidang industri alat kesehatan melalui pengambilan bagian dan penyetoran saham kepada PT OMP diharapkan dapat memperbaiki kinerja keuangan Perseroan di masa mendatan, tutup Donny.