EmitenNews.com - IMC Pelita Logistik (PSSI) menginjeksi modal anak usaha Rp100 miliar. Pinjaman dengan durasi 4 tahun tersebut dibalut bunga 8,48 persen. Fasilitas pinjaman itu meluncur deras memenuhi pund-pundi Pelita Samudera Sreeya (PSS). 


”Transaksi afiliasi tersebut telah diteken pada Senin, 10 Juli 2023 untuk mendukung kegiatan operasional anak usaha perseroan dalam mengembangkan usaha,” tulis Iriawan Ibarat, Presiden Direktur IMC Pelita Logistik. 


Transaksi itu bukan transaksi material sebagaimana peraturan Otoritas Jasa Keuangan nomor 17/POJK.04/2020. Namun, masuk transaksi afiliasi yang dikecualikan sebagaimana POJK 42, pasal 8 ayat 1. Selain itu, transaksi tersebut tidak mengandung unsur benturan kepentingan. 


Transaksi masuk ranah afiliasi karena dalam susunan pengurus IMC Pelita Logistik ada Harry Tjhen berposisi sebagai direktur. Dan, saat bersamaan Harry juga menjabat sebagai komisaris Pelita Samudera Sreeya. 


Data dan fakta tersebut tidak berdampak negatif terhadap perseroan. Baik dari sisi kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha emiten sebagai perusahaan terbuka. ”Tidak mengganggu keseimbangan keuangan perseroan,” tegas Iriawan. (*)