EmitenNews.com - Dua anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom, yakni PT Finnet Indonesia (Finnet) dan PT Dayamitra Telkomunikasi, Tbk (Mitratel) berkolaborasi merilis platform aplikasi terintegrasi meterai elektronik (e-Meterai) dan tanda tangan elektronik (e-Sign).


“Kami akan terus berikan layanan terbaik untuk mendigitalisasi proses bisnis di Mitratel. Semoga digitalisasi ini bisa memberikan value yang luar biasa bagi Mitratel. Saya harap kolaborasi baik ini dapat memberikan profitabilitas yang baik bagi kita semua,” ujar Direktur Utama Finnet, Rakhmad Tunggal Afifuddin, dalam keterangannya terkait penandatanganan kerja sama antara Finnet dan Mitratel di Jakarta, seperti dikutip pada Kamis (28/12/2023).


Menurut Rakhmad, dalam kerja sama ini Finnet menjadi penyedia layanan e-Meterai dan e-Sign, yang merupakan aplikasi terintegrasi milik Mitratel.


Digitalisasi proses bisnis itu dinilai menjadi jawaban atas kondisi lingkungan bisnis yang terus berubah dan semakin terkoneksi secara digital.


“Pengimplementasian e-Meterai & e-Sign melalui aplikasi terintegrasi diharapkan dapat memberikan nilai tambah untuk meningkatkan efisiensi, fleksibilitas, dan kecepatan dalam menjalankan proses bisnis Perusahaan,” katanya.


Sebelumnya, Finnet telah ditunjuk oleh Peruri sebagai distributor resmi e-Meterai. Finnet juga menggandeng Privy sebagai mitra strategis penyedia tanda tangan digital tersertifikasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).


“Melalui sinergi dengan Mitratel, Finnet semakin berkomitmen menghadirkan pengalaman pelanggan terbaik melalui digitalisasi proses bisnis di aplikasi terintegrasi yang menjadi single application platform Mitratel,” jelas Rakhmad.


Kolaborasi ini menurutnya akan mendukung Finnet memberikan berbagai kemudahan bagi pelanggan dan mitra bisnis untuk dapat mempercepat dan mempersingkat proses administrasi sehingga lebih hemat waktu dan biaya.


Sinergi antar TelkomGroup itu diharapkan dapat membawa perubahan positif dengan menghadirkan teknologi digital yang mengoptimalkan proses administrasi, meningkatkan keamanan dokumen, dan mendukung perbaikan yang berkelanjutan.


Sementara itu, Direktur Utama Mitratel, Teddy Hartoko, berharap kolaborasi itu bisa meningkatkan efiensi kerja dan koordinasi antara kedua perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini.


“Terima kasih atas kepercayaan dan kolaborasi baik yang telah terjalin selama ini. Melalui aplikasi terintegrasi yang lebih digital, diharapkan aplikasi ini dapat meningkatkan efisiensi kerja sehingga lebih terkoordinasi dan mudah,” pungkas Teddy.(*)