EmitenNews.com - Tim beregu putra Indonesia menang atas lawannya, Thailand  dengan skor 3-2 di lanjutan babak penyisihan grup A Piala Thomas 2020 di venue Ceres Arena, Aarhus, Denmark.


Dua tunggal andalan Indonesia yang berada di ranking 10 besar dunia, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie gagal menyumbangkan angka. Ganda putra sukses mengejar ketinggalan poin lewat pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

 

Terakhir, Shesar Hiren Rhustavito memastikan Indonesia menang atas Thailand dan menghentikan dominasi tunggal Thailand di partai pamungkas.

 

Ringkasan Pertandingan


Ginting menghadapi perlawanan kuat dari tunggal pertama Thailand, Kantaphon Wangcharoen. Kedua pemain silih berganti menampilkan penampilan menawan. Peraih emas perunggu Olimpiade mengunci set pertama dengan skor 21-16. Di set kedua, ketika Wangcharoen telah mengambil game point 20-16, Ginting menyusul hingga 20-20. Aksi saling unggul dipertontonkan hingga peringkat 18 dunia asal Thailand memaksa rubber game. Kejar-kejaran kembali tersaji di set penentu. Namun, Ginting harus mengakui keunggulan lawannya 25-23. Thailand unggul 1-0.


Tertinggal, Indonesia tampil dengan ganda terbaik dunia menghadapi Supak Jomkoh/Kittinupong Kedren. Kevin/Gideon dikejutkan dengan permainan pasangan Thailand di game pertama. Alhasil, game pertama dikunci Jomkoh/Kedren 19-21. Namun, Minions bangkit dan meraih kemenangan di dua game terakhir dengan skor 21-18 dan 21-13. Indonesia 1-1 Thailand.


Tunggal putra kedua Indonesia kembali gagal meraih poin. Jonatan harus menelan pil pahit setelah takluk atas Kunlavut Vitidsarn lewat straight game 10-21 dan 14-21. Lagi, ganda putra kembali menjaga asah Indonesia. Kali ini, Fajar/Rian membayar kepercayaan pelatih dan memberikan poin penyama kedudukan lewat dua game langsung 21-9, 21-12.


Menghadapi Adulrach Namkul di laga pamungkas, Vito mengambil game pertama lewat pertandingan ketat dengan skor 23-21. Di game kedua, Vito tidak mampu menyelesaikan pertandingan lebih cepat setelah kalah 21-10. Akhirnya, Vito mengamuk di game penentuan dan memberikan Namkul skor akhir 21-8.


Hasil ini membuat Indonesia menang 3-2 atas Thailand dan terus melebarkan rekor tak terkalahkan Indonesia menjadi 11 pertandingan di Piala Thomas sejak edisi 1958. (LW). ***