EmitenNews.com - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata), melalui divisi bisnis XL Axiata Business Solutions (XLABS), menjalin kemitraan strategis dengan PT Mobil Anak Bangsa (MAB), salah satu produsen bus listrik nasional. 

Dalam kerja sama ini, XLABS akan menyediakan layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT), termasuk Internet of Things (IoT) dan konektivitas tetap (fixed connectivity), untuk mendukung operasi PT MAB. Bagi XL Axiata, kemitraan ini merupakan wujud dukungan terhadap pengembangan industri kendaraan listrik di Indonesia.

Kesepakatan kerja sama ini ditandatangani di Jakarta pada 4 Mei, dengan Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, dan Direktur Utama PT MAB, Kelik Irwantono, sebagai penandatangan utama. Acara ini turut dihadiri oleh Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo), Jenderal TNI (Purn) Dr. Dr. (H.C.) Moeldoko, S.I.P., M.SI.

"Kerja sama dengan PT MAB sangat strategis bagi XL Axiata dan menjadi salah satu portofolio proyek XLABS untuk industri electric vehicle (EV) di Indonesia, yang saat ini tumbuh pesat. Kami berkomitmen untuk tidak melewatkan momentum baik ini dan bersemangat untuk tumbuh bersama industri EV. Kesepakatan ini menegaskan bahwa XLABS siap mendukung pertumbuhan dan kemajuan industri EV nasional, termasuk siap menyediakan kebutuhan teknologi bagi produk dan operasional perusahaan EV." kata Dian Siswarini.

Di sisi lain, Direktur Utama PT MAB, Kelik Irwantono, mengatakan bahwa penandatanganan MoU ini mencerminkan komitmen bersama untuk memajukan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. 

“Kami bekerja sama dengan XL Axiata untuk mendorong inovasi dan keberlanjutan di sektor transportasi. Kesepakatan ini menandai langkah signifikan menuju masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan, selaras dengan tujuan kami untuk mempromosikan energi ramah lingkungan dan mengurangi emisi karbon," kata dia.

Dalam kemitraan ini, XLABS akan menyediakan solusi IoT Connectivity+ untuk digunakan pada kendaraan listrik bus PT MAB. Layanan ini memungkinkan pemantauan perangkat krusial seperti kondisi baterai dan lokasi kendaraan secara real-time, memberikan kemudahan dalam operasi harian dan pemeliharaan kendaraan. 

Selain itu, solusi ini memungkinkan efisiensi biaya operasional karena semua aspek dapat dikontrol dan dimonitor melalui dashboard.

Selain itu, solusi IoT Connectivity+ akan diterapkan pada kendaraan terpilih produksi PT MAB di tahap awal kerja sama. Fixed Connectivity juga akan digunakan untuk konektivitas di pabrik PT MAB di Kudus, Jawa Tengah. Diharapkan di masa depan, solusi IoT dan ICT lainnya dapat diterapkan untuk mendukung operasional yang lebih efisien.

PT Mobil Anak Bangsa (MAB) adalah produsen kendaraan listrik nasional yang didirikan pada tahun 2017, dengan pabrik perakitan berlokasi di Kudus, Jawa Tengah. PT MAB memproduksi berbagai jenis kendaraan listrik, termasuk bus listrik, truk listrik, dan van listrik.