EmitenNews.com - Bank digital yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi memiliki keunggulan dari sisi kelengkapan ekosistem digital dibandingkan dengan bank konvensional.

Dalam diskusi media di Jakarta, Rabu (6/3/2024), Direktur Ekonomi Digital Center of Economic and Law Studies (Celios), Nailul Huda menilai bank-bank digital by techno players yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi, memiliki kekuatan pada ekosistem digital. 

“Ekosistem digital yang dikembangkan, seperti untuk membayar barang, transaksi jasa atau transaksi on demand dan sebagainya, bisa menggunakan bank digital by techno players. Biasanya mereka kuat di ekosistem digitalnya," kata ekonom dari Celios itu.

Banyak bank umum konvensional yang sudah menyediakan layanan digital. Namun, bank-bank konvensional biasanya lebih mengenalkan kembali ekosistem perbankan yang sudah mereka miliki melalui layanan digital. Berbeda dengan bank digital yang dikembangkan pemain teknologi yang menawarkan kekuatan dari sisi ekosistem digital.

Menurut Nailul Huda, jika ditanya menang mana bank digital by techno players dengan bank umum konvensional yang menyediakan layanan digital, pertarungannya nanti akan lebih kepada siapa yang bisa mengembangkan ekosistem paling konkret. ***