EmitenNews.com - Astra Otoparts (AUTO) memperkuat modal entitas usaha Rp61 miliar. Suntikan modal itu mengalir deras memenuhi kantong Aisin Indonesia. Dana tersebut oleh Aisin akan digunakan untuk investasi.


Suntikan modal itu, sebagai wujud tanggung jawab perseroan sebagai pemegang 17,03 persen saham Aisin Indonesia. ”Transaksi telah dituntaskan pada Rabu, 8 Maret 2023,” tulis Wanny Wijaya, Direktur/Corporate Secretary Astra Otoparts. 


Penuntasan transaksi itu, tidak berdampak negatif terhadap perseroan. Baik dari sisi kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, dan status emiten sebagai perusahaan terbuka. ”Transaksi tidak melanggar hukum, dan dengan pihak ketiga sehingga dapat mendukung kelangsungan usaha Aisin Indonesia secara langsung,” imbuhnya. 


Selain itu, transaksi telah mendapat pendapat kewajaran berdasar laporan kantor jasa penilai publik Iskandar, dan rekan nomor 00133/2.0118-00/BS/04/0596/1/III/2023 tanggal 7 Maret 2023, dan dalam proses penerbitan surat keputusan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. 


Transaksi tidak mengandung benturan kepentingan, sebagaimana dimaksud peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nomor 42/POJK.04/2020 tentang transaksi afiliasi, dan transaksi benturan kepentingan. Di samping itu, nilai transaksi tidak material yaitu kurang dari 20 persen dari ekuitas perseroan. (*)