EmitenNews.com -PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) akan meningkatkan alokasi belanja modal (capital expenditure/capex) sebanyak 76% menjadi sekitar Rp 150-200 miliar pada 2024. Sedangkan untuk tahun ini perseroan menganggarkan capex Rp 35 miliar.

 

Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia IPCC Sumarno mengatakan, tambahan capex di kisaran Rp 150-200 miliar pada tahun depan untuk mendukung peningkatan kapasitas lahan dan persiapan administrasi. Sebab, ketersediaan lahan saat ini sudah tidak mencukupi.

 

"Jadi, pasca Pelindo merger, beberapa pelabuhan layanan bongkar muatnya menjadi tanggung jawab kami," ujar Sumarno saat Media Gathering , Kamis (25/5/2023).

 

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Operasi dan Teknik IPCC Bagus Dwipoyono menambahkan, peningkatan capex pada tahun depan dananya akan bersumber dari dana hasil IPO.

 

Sementara untuk tahun ini, perseroan masih akan melanjutkan nvestasi dari investasi-investasi perseroan pada tahun lalu. "Jadi, capex tahun ini sebesar Rp 35 miliar untuk perbaikan lapangan dan pembangunan gedung parkir baru," ucap dia.

 

Dengan demikian, pada tahun depan perseroan merencanakan penambahan kapasitas gedung parkir sebanyak lima lantai dengan luas sekitar 3,8 hektare. Menurut Bagus, pembangunan gedung parkir tersebut akan menambah kapasitas sebanyak 2.000 unit.

 

Sesuai rencana, peningkatan kapasitas tersebut mulai dikerjakan pada tahun ini dengan melakukan detail engineering design (DED) dan ditargetkan mulai konstruksi pada awal tahun depan. "Sejauh ini, masih tahap desain saat ini baru dilakukan investasi fisik untuk perbaikan lahan di eks lahan. Sedangkan lainnya masih dalam tahap desain," tambah dia.

 

Perihal dividen, Sumarno menerangkan dirinya belum bisa mengumumkan secara persis besarannya karena belum mendapatkan restu para pemegang saham. Hanya saja, didviden yield akan lebih bagus dibandingkan dengan deposito.

 

"Secara historis dividen IPCC konsisten bagi antara 60% sampai 70% dari laba bersih tahun 2022," tutur dia.