EmitenNews.com - PT Transkon Jaya Tbk (TRJA) dalam waktu dekat bakal melakukan satu langkah transformasi bisnis untuk anak usahanya dengan strategi pemisahan Segmen Usaha Internet Service Provider merupakan bagian dari rencana penyertaan modal Perseroan kepada entitas anak Perseroan dimana Perseroan berencana untuk memiliki penyertaan sebesar 90% dari seluruh modal ditempatkan dan disetor entitas anak Perseroan. 


Berdasarkan Laporan Keuangan Tengah Tahunan Perseroan Periode 30 Juni 2021 (“LK Q2/2021”) yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik Tjahjadi & Tamara (Member of Morison KSI), Pemisahan Segmen Usaha yang dilakukan dengan mengalihkan sebagian aktiva (peralatan dan inventory) dan pasiva Perseroan dengan mendirikan entitas anak memiliki nilai yang tidak material sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (“POJK”) Nomor 17/POJK.04/2020 tentang Transaksi Material dan Perubahan Kegiatan Usaha (“POJK 17/2020 Kepentingan (“POJK No.42/2020”). 


Dengan dilakukannya Pemisahan (Spin Off) kepada entitas anak yang akan didirikan dengan rencana kepemilikan saham sebesar 90% oleh Perseroan, sebesar 5% dimiliki oleh PT Damai Investama Sukses (DIS) dan sebesar 5 % dimiliki oleh PT MSJ Investama Abadi (MSJ) yang mana keduanya merupakan Induk Perseroan, maka sesuai Pasal 3 ayat (1) dan (2) butir a, b, c dan d POJK 17/2020 dan Pasal 6 ayat (1) butir c POJK 42/2020, maka Pemisahan ini dikecualikan yang tidak memiliki benturan kepentingan.


Merujuk keterangan resmi Transkon Jaya (TRJA), Sabtu (8/1/2022) disebutkan, kemudian masing-masing sebesar 5% dari seluruh modal ditempatkan dan disetor entitas anak Perseroan dimiliki oleh DIS dan MSJ. 


Penyertaan saham Perseroan sebesar 90% di dalam entitas anak Perseroan telah memenuhi anggaran dasar Perseroan dan ketentuan hukum yang berlaku. Pemisahan ini ditandai karena hukum atas sebagian aktiva dan pasiva Perseroan kepada entitas anak Perseroan, yaitu dengan cara Perseroan akan menambah pernyataannya ke dalam entitas anak Perseroan dengan menginbrengkan peralatan dan inventory kepada entitas anak Perseroan. 


Rencana penambahan modal yang dilakukan oleh Perseroan dalam entitas anak Perseroan dengan cara inbreng tidak termasuk Transaksi Material sebagaimana diatur dalam memiliki benturan kepentingan sebagaimana diatur dalam POJK 42/2020.


Dengan adanya Pemisahan Segmen Usaha dengan membentuk entitas anak, lebih besar, hal ini disebabkan oleh semakin berinovasinya segmen industri klien dan semakin luasnya jangkauan pangsa pasar bisnis penyedia layanan jaringan internet ini sehingga dalam hal adanya peningkatan pendapatan bisnis tersebut tidak akan terpusat hanya pada satu Segmen Usaha Perseroan melainkan entitas anak Perseroan yang akan dikelola lebih fokus dan mandiri. Segmen Usaha Internet Service Provider, meskipun di tengah tantangan pandemi Corona Virus Disease-2019 (“Covid-19”) mampu mempertahankan eksistensi hingga pada akhir tahun 2021 dapat memperluas jangkauan klien yang lebih besar yakni pada perusahaan-perusahaan di daerah yang belum mendapatkan akses jaringan internet di seluruh wilayah Indonesia termasuk Sulawesi.


Sementara itu sejauh ini PACNet telah berhasil mengembangkan jaringan meluas mulai dari provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Tengah sehingga diharapkan dengan adanya rencana Pemisahan Segmen Usaha Internet Service Provider dengan membentuk entitas anak ini dapat memperkuat dan mendorong adanya peningkatan prospek pendapatan Perseroan.


Perseroan pada awalnya didirikan pada tahun 2002 dengan menjalankan usaha awal sebagai pemasok suku cadang dan aksesoris untuk kendaraan-kendaraan khusus daerah konsesi pertambangan. Seiring dengan perkembangan usahanya, pada tahun 2006 Perseroan menyewakan kendaraan operasional (“Light Vehicle”/LV”) 4X4 dengan merk “Transkon Rent” yang menargetkan pelanggan dari perusahaan pertambangan. 


Melihat potensi yang dapat dikembangkan Perseroan, maka pada tahun 2011, Pereseroan menambah lini bisnis baru dengan segmen usaha internet service provider yang berkembang pesat hingga sekarang di Kota Balikpapan. Segmen usaha yang didirikan sebagai lini bisnis baru Perseroan menangani bisnis jaringan internet dengan menggunakan PACNet sebagai merek dagangnya. Dalam menyediakan pelayanan internet, PACNet terhubung langsung dengan IIX (Indonesia Internet Exchange) dan International Internet Backbone menggunakan infrastruktur . Dengan menggunakan perangkat terbaik dan di dukung oleh sistem catu daya serta back up link yang ada, PACNet dapat meminimalisir downtimes dan mampu melayani pelanggan 24 (dua puluh empat) jam per hari tanpa ada kuota bulanan. 


PACNet menyediakan berbagai layanan Internet Technology (“IT”), diantaranya Wireless Broadband Internet, Network Design & Implementation, VSAT Communications, Video Security Systems Solutions, IT Consulting and Outsourcing, Disaster Recovery and Data Backup, (vii). Project & Server Management, IX & IIX Connection, (ix). Satellite Transmitter, Voice/VoIP, dan VPN.


Untuk membedakan PACNet dengan perusahaan sejenis, PACNet menerapkan layanan terpadu yang menyediakan semua jasa IT dan komunikasi kepada seluruh tingkatan klien, jaringan yang stabil, dengan sistem backup catu daya dan link terbaik. Teknisi dan Customer Service yang siap membantu klien 24 (dua puluh empat) jam dan 7 (tujuh) hari seminggu, dengan menghubungi nomor hotline PACNet, dan tersedianya seluruh pelayanan dengan cepat dan handal.


PACNet melayani jasa IT dan komunikasi ke seluruh pelanggan di Indonesia, sejauh ini segmen usaha PACNet telah memiliki 155 customer yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Dengan 5 (lima) produk unggulan dalam operasi bisnisnya yang terdiri dari Wireless Broadband Internet yang menyediakan jasa akses internet wireless dengan beberapa jalur alternatif koneksi yang dapat menghubungkan customer ke kantor menggunakan perangkat radio terbaik dan back up catu daya yang mampu memenuhi standar uptime. 


Lalu juga Fiber Optic yang menyediakan jasa akses internet menggunakan infrastruktur ke seluruh kota di Indonesia yang memiliki beberapa jalur alternatif koneksi ke backbone Indonesia dan Internasional, IPVPN MPLS yang menyediakan layanan optic, pengelolaan penuh, aman, dan VPN (Virtual Private Network) berkemampuan tinggi dengan MPLS (Multiprotocol Label Switching), (iv), Web & Mail Hosting yang menyediakan jasa hosting website dan email serta jasa desain website; dan VSAT IP yang menggunakan sistem jalur koneksi satelit komunikasi point-to-point ke provider satelit menggunakan dish 1.2m atau 1.8m (tergantung bandwidth klien), dan tetap dapat terkoneksi menggunakan jalur frekuensi C-Band di lokasi klien yang terkecil sekalipun.