EmitenNews.com -PT Elnusa Tbk (ELSA) sampai dengan September 2023 telah berhasil mencatatkan realisasi kontrak sebesar Rp11,58 triliun. Angka tersebut tumbuh 13% secara year on year (yoy) dibandingkan periode yang sama tahun 2022 sebesar Rp10,26 triliun.

 

Manager Corporate Communication ELSA, Jayanty Oktavia Maulina mengatakan meski belum merilis laporan keuangan secara rinci, namun manajemen memandang optimis kinerja perseroan hingga akhir tahun 2023 akan tetap dalam tren positif. Adapun dari nilai kontrak yang di tangan itu, 56% dialokasikan pada jasa distribusi dan logistik energi, 32% jasa hulu migas, dan 12% pada jasa penunjang.

 

Proyek-proyek yang menjadi kontributor utama pada jasa distribusi dan logistik energi yakni transportasi BBM dan pengelolaan depo. "Sampai dengan bulan September 2023, segmen jasa ini telah mencatatkan beberapa penambahan proyek baru diantaranya layanan khusus Franco, penambahan angkutan BBM & Non BBM, KSO TBBM , dan proyek chemical," ujar Jayanti dalam keterangannya, Selasa (24/10).

 

Pada jasa hulu migas, Elnusa mendapatkan kontrak untuk pekerjaan jasa hydraulic workover, jasa drilling, jasa drilling fluid, jasa wireline logging, serta jasa seismic survey. Elnusa juga telah menyelesaikan pekerjaan seismic 3D south petapahan extension, seismic 3D south walio offshore.

 

"Untuk saat ini, manajemen tengah mengerjakan seismic survey 3D di wilayah rokan dan jawa barat," ulasnya.

 

Untuk pekerjaan non asset based, engineering procurement construction - operation & maintenance (EPC O&M), Elnusa telah menyelesaikan beberapa proyek dan tengah mengerjakan proyek O&M di berbagai wilayah kerja Pertamina Group.

 

Sementara itu pada jasa penunjang, Elnusa melalui anak usahanya terus mendukung bisnis jasa migas dengan penyediaan berbagai peralatan pendukung. Diantaranya penyediaan kapal dan barge untuk kegiatan offshore. Lalu penyediaan warehouse dan data manajemen migas, serta penyediaan jasa fabrikasi penunjang migas.


"Kami berharap dapat menambah kontrak-kontrak baru dari beberapa segmen bisnis yang dijalankan di sisa tahun 2023 hingga tahun mendatang. Kami terus berinovasi dalam hal pengembangan bisnis yang sejalan dengan visi Perseroan, Reputable Energy Services Company Providing Total Solutions," kata Jayanty.