EmitenNews.com - Emiten milik Garibaldi Thohir alias Boy Thohir PT Merdeka Battery Materials Tbk. (MBMA) sepakat untuk menyediakan dana pinjaman pemegang saham kepada PT Merdeka Industri Anantha (MIA) pada tanggal 22 Januari 2024.

Deny Greviartana Wijaya Corporate Secretary MBMA dalam keterangan tertulisnya Rabu (24/1) menuturkan bahwa MBMA memberikan pinjaman kepada MIA sebesar USD100.000.000 yang akan digunakan untuk mendukung kegiatan usaha anak-anak perusahaan MIA dengan cara penyediaan utang, penyetoran modal dan/atau uang muka setoran modal.

 

Lebih lanjut Deny memaparkan setiap dana pembiayaan yang masih terutang yang diberikan oleh MBMA kepada MIA akan dikenakan bunga sebesar perjumlahan dari Secured Overnight Financing Rate untuk setiap periode bunga dan 4,75% per tahun.

Adapun Jangka waktu Dana Pembiayaan ini dimulai sejak tanggal efektif dan akan berakhir maksimal pada tanggal yang jatuh 1 tahun sejak tanggal efektif, yang dapat diperpanjang berdasarkan kesepakatan tertulis MBMA dan MIA.

 

"Transaksi afiliasi ini memberikan dampak positif kepada MBMA yang pada akhirnya dapat menciptakan nilai tambah bagi Pemegang Saham Perseroan secara tidak langsung,"tuturnya.

Deny menambahkan transaksi ini merupakan transaksi afiliasi sesuai regulasi OJK dalam POJK 42/2020 dimana MIA adalah salah satu anak perusahaan yang dikendalikan secara langsung oleh MBMA dengan kepemilikan saham sebesar 99% dan juga karena terdapat beberapa anggota Direksi MBMA yang juga menjabat sebagai anggota Direksi dan/atau Dewan Komisaris MIA. 

 

.