EmitenNews.com -Emiten kendaraan listrik milik Grup Bakrie, PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR) mendirikan perusahaan baru, dengan nama PT Sarana Ekomobilitas Indonesia (SEI).

 

Head of Corporate Secretary VKTR Indah Permatasari Saugi mengatakan, perseroan bersama dengan PT Kuantum Akselerasi Indonesia (KAI) telah mendirikan SEI, di mana pendirian perusahaan tersebut telah dituangkan ke dalam Akta Pendirian Nomor 172 tanggal 4 Oktober 2023 dan telah mendapatkan pengesahan dari Menteri Hukum dan HAM pada 6 Oktober 2023.

 

"Maksud dan tujuan SEI, yaitu berusaha dalam bidang perdagangan dan bidang jasa, dengan melaksanakan kegiatan, pembelian, penjualan, persewaan, pengoperasian dan pengangkutan, pemeliharaan dan jasa lainnya," kata dia dalam keterangannya di keterbukaan informasi BEI, Selasa (10/10/2023).

 

Adapun susunan permodalan SEI, yakni modal dasar Rp4 miliar, modal disetor Rp1 miliar, dan modal ditempatkan Rp1 miliar.

 

Dia menjelaskan, bagian kepemilikan perseroan dalam SEI sebesar Rp510 juta atau setara 51 persen. Sedangkan KAI sebesar Rp490 juta atau setara 49 persen.

 

"Tidak ada dampak kejadian terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha perseroan," ujarnya.

 

Sekadar informasi, Kuantum Akselerasi Indonesia adalah salah satu pemegang saham perseroan, dengan kepemilikan saham 11,06 persen. Sementara PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) memiliki 45,55 persen, PT Bakrie Metal Industries 22,05 persen, dan publik 21,34 persen.