EmitenNews.com — Perusahaan yang bergerak di industri sawit, PT Triputra Agro Persada Tbk (TPAG) yang merupakan milik taipan TP Rachmat telah melakukan penambahan modal entitas usahanya pada 23 Juni 2022.

 

Merujuk keterangan resmi TAPG yang disampaikan, Kamis (23/6/2022) disebutkan, perseroan telah meningkatkan modal pada perusahaan terkendalinya di PT TAP Applied Agri Services (TAPAS), kata Joni Tjeng Corporate Secretary TAPG.

 

Berdasarkan penerimaan pemberitahuan perubahan anggaran dasar PT TAP Applied Agri Services tanggal 23 Juni 2022, telah diputuskan untuk peningkatan modal sebesar Rp150 miliar.

 

Pihak-pihak yang melakukan transaksi adalah PT Agro Multi Persada (AMP) sebagai perusahaan terkendali dari perseroan yang sahamnya dimiliki sebesar 94,93 persen dan MP merupakan pemegang saham dari TAPAS yang menggenggam sebesar 99,90 persen sahamnya.

 

Bukan hanya satu, tapi penambahan modal juga dilakukan pada entitas usaha lainnya yaitu PT Muaratoyu Subur Lestari (MSL), yang dilakukan sehari sebelumnya pada 22 Juni 2022. Nilai penambahan modal juga sama senilai Rp150 miliar.

 

Dengan skema yang juga hampir sama, dimana PT Agro Multi Persada (AMP) merupakan pengendali dari PT Muaratoyu Subur Lestari (MSL) dengan kepemilikan saham sebesar 99,90 persen

 

Serta PT Persada Agro Nusantara (PAN) yang memiliki 0,10 persen saham dari TAPAS dan MSL. Sehingga dari total penambahan modal 2 cucu usaha itu TAPG menginjeksi sebesar Rp300 miliar.

 

Transaksi ini tidak berdampak material serta tidak ada perubahan kepemilikan atas transaksi kenaikan modal yang dilakukan pada PT TAP Applied Agri Services (TAPAS) dan PT Muaratoyu Subur Lestari (MSL).

 

Sebelumnya Direktur TPAG Budiarto Abadi menyampaikan bahwa tahun ini, perseroan akan menambah satu unit Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Kalimantan Timur berkapasitas 30 Ton Per Jam (TPH) dengan nilai investasi sekitar Rp 120 miliar yang ditargetkan rampung pada kuartal II-2022 sehingga jumlah PKS perseroan menjadi 18 unit.