EmitenNews.com - PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK), melalui anak perusahaannya PT Roket Cipta Sentosa (RCS), telah menyelesaikan akuisisi perusahaan induk yang mendukung layanan bandara, PT Cardig Aero Services Tbk. (CASS), pada 25 April 2024.

RCS membeli 51% saham CASS, yang setara dengan 1.064.344.500 saham, dari PT Cardig Asset Management, PT Dinamika Raya Swarna, dan Cemerlang Pte Ltd. Pembelian ini dilakukan melalui transaksi crossing di pasar negosiasi Bursa Efek Indonesia (BEI). 

Harga total untuk pembelian saham tersebut mencapai Rp872.762.490.000, dengan harga per sahamnya sebesar Rp820.

Corporate Secretary EMTK, Titi Maria Rusli, dalam keterbukaan informasi BEI yang dikutip pada Sabtu (27/4/2024), menjelaskan bahwa akuisisi ini menyebabkan perubahan pengendalian langsung pada CASS dan perubahan pengendalian secara tidak langsung pada unit usaha CASS, PT Jasa Angkasa Semesta Tbk. (JASS). 

"Transaksi ini dilakukan sesuai dengan regulasi yang berlaku, termasuk Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 9/POJK.04/2018 tentang Pengambilalihan Perusahaan Terbuka," ujarnya.

Dari segi keuangan, akuisisi ini berdampak pada pengurangan saldo kas EMTK, ditambah dengan pengeluaran arus kas untuk membeli setiap saham yang dijual dalam penawaran tender wajib CASS dan JASS, terkait perubahan pengendalian langsung dan tidak langsung. 

Meskipun demikian, transaksi ini akan menambah saldo investasi jangka panjang EMTK, sehingga tidak ada perubahan material pada jumlah aset perusahaan.