EmitenNews.com - Bintaro Serpong Damai (BSD) akan membuka arus lalu lintas KM 8 untuk kedua arah. Pengaktifan lalu lintas dua arah dilakukan anak usaha Margautama Nusantara (MUN), pengelola dan operator Jalan Tol Ruas Pondok Aren-Serpong (Tol BSD) itu, sejak Rabu, 28 Juni 2023. 


Sebelumnya, arus lalu lintas KM 8 Ruas Tol Pondok Aren–Serpong Arah Jakarta telah dibuka terlebih dahulu pada 24 Februari 2023. Pengerjaan proyek BSD masih terus dilakukan untuk penyelesaian pengembalian kondisi (reinstatement), namun arus lalu lintas arah Jakarta atau Serpong sudah dapat dilalui pengendara. ”Dengan penuntasan proyek itu, kami berharap para pengguna jalan merasa aman, dan nyaman melewati jalan tol meski kondisi hujan dengan intensitas tinggi,” tegas Purwoto, Direktur Utama Bintaro Serpong Damai (BSD).


Proyek peninggian Jalan Tol BSD KM 8 dikerjakan secara bertahap agar ruas tersebut dapat tetap dilewati kendaran. Tahap awal, peninggian KM 8 dilakukan arah Jakarta. Selanjutnya, secara bergantian pengerjaan proyek dilakukan untuk arah Serpong. Lingkup konstruksi proyek itu di antaranya mengganti box culvert menjadi jembatan bentang sepanjang 20 meter agar aliran air Sungai Cibenda cepat mengalir. 


Tidak hanya itu, manajemen juga melakukan peninggian jalan untuk kedua ruas, sekaligus membangun kolam retensi di sisi jalan untuk menambah area tampungan air sementara. Para pengendara dari arah Jakarta menuju Serpong atau sebaliknya dapat merasakan manfaat proyek tersebut. Selain itu, akses menuju Cinere dan sekitarnya melalui Jalan Tol Serpong-Cinere, dan akses menuju bandara melalui Jalan Tol Kunciran-Serpong juga tidak akan terhambat saat kondisi hujan dengan intensitas tinggi. 


Selama pengerjaan proyek, manajemen terus berusaha untuk memastikan kondisi lalu lintas jalan tol tetap berjalan dengan baik. Sehingga para pengguna jalan tetap aman, dan nyaman ketika melewati jalan tol. Informasi seputar proyek juga terus disampaikan secara terkini melalui media sosial perusahaan untuk dapat diketahui masyarakat luas. (*)