EmitenNews.com - PT Surya Esa Perkasa Tbk. (ESSA) memutuskan membagikan dividen tertinggi yang pernah dilakukan Perseroan. Emiten yang bergerak di sektor Energi dan Kimia dengan kilang LPG (Liquefied Petroleum Gas) dan pabrik Amoniak itu, membagikan dividen senilai Rp775,2 miliar atau Rp45 per saham (harga saham nominal ESSA Rp10).


Keputusan ini diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan yang diselenggarakan hari ini, Rabu (15/3/2023).


Pembagian Dividen ini diumumkan sejalan dengan rekor pendapatan Perseroan pada Tahun 2022, yang didukung oleh kegiatan operasional yang sangat baik serta kondisi pasar yang menguntungkan.


Dalam laporan keuangan konsolidasian Tahun 2022, ESSA melaporkan pencapaian Pendapatan sebesar USD731 juta (naik 141% YoY) & EBITDA sebesar USD354 juta (naik 161% YoY).


Vinod Laroya selaku Presiden Direktur ESSA, mengaku sangat senang dapat membagi keuntungan yang diraih Perseroan sepanjang Tahun 2022 dengan para pemegang saham melalui pengumuman pembagian dividen yang istimewa ini. Rekam jejak operasional yang efisien didukung oleh harga komoditas yang luar biasa kuat telah menghasilkan kinerja solid pada Tahun 2022.


“Kami tetap optimistis atas peluang pertumbuhan baru di industri hilir gas yang diharapkan semakin memberikan nilai lebih bagi pemegang saham,” kata Vinod Laroya. ***