EmitenNews.com - PT Federal International Finance (FIFGROUP) memulai penerapan Environment, Social, and Governance (ESG) dengan menggunakan panel surya, perangkat pembangkit listrik di sejumlah cabang. Ini langkah perseroan dalam menyikapi perubahan iklim yang dirasakan sangat mengkhawatirkan. ESG merupakan sebuah standar operasional yang merujuk pada tiga kriteria utama, yaitu environment (lingkungan), social (sosial), dan governance (tata kelola institusi) sebagai instrumen dalam mengukur dampak dan keberlanjutan (sustainability) dari sebuah investasi pada suatu perusahaan ataupun negara.


Sebagai inisiatif untuk mendukung program dan komitmen ESG tersebut, selain sebagai salah satu program keberlanjutan perusahaan, FIFGROUP, anak perusahaan PT Astra International Tbk di bidang jasa pembiayaan ritel melakukan instalasi panel surya sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Tahun ini, FIFGROUP memasang instalasi panel surya di tujuh cabang, secara bersamaan pada April dan Mei, yaitu Yogyakarta, Semarang, Cirebon, Bandung, Jakarta, Depok, dan Cabang Padang.


Panel surya yang dipasang berkapasitas masing-masing 10,8 kilowatt-peak (KWp). Tahap pertama Senin (11/4/2022), instalasi panel surya di Cabang Yogyakarta dan Semarang. Sebelumnya FIFGROUP di Cabang Pamulang, 31 Juli 2019. Jika diasumsikan pemasangan panel surya dengan kapasitas 10,8 KWp ini untuk rumah dengan listrik subsidi pemerintah berdaya 450 watt, panel surya tersebut mampu menyuplai listrik untuk 24 rumah atau setara 12 rumah yang memiliki daya 900 watt.


Dalam keterangannya yang dikutip Rabu (13/4/2022), Human Capital, General Support, and Corporate Communication Director FIFGROUP, Esther Sri Harjati, mengatakan, sebagai upaya mendukung program ESG dalam melestarikan lingkungan, FIFGROUP melakukan instalasi panel surya untuk mengurangi emisi karbon dioksida dari penggunaan listrik pada operasional. Instalasi panel surya ini diharapkan menjadi program keberlanjutan perusahaan. “Semoga kegiatan ini dapat terus dilakukan ke depan dan dapat bermanfaat serta memberikan dampak positif.”


Information Technology (IT), Business Development (BD), Corporate Planning (Corp Plan), Risk, Customer Relationship Management (CRM), and Digital Director FIFGROUP, Indra Gunawan, mengatakan melalui peresmian solar panel di cabang ini diharapkan mampu memberikan semangat baru dalam pemanfaatan EBT yang penggunaannya memiliki dampak baik bagi lingkungan. Sementara itu Marketing Director FIFGROUP, Antony Sastro Jopoetro mengatakan implementasi program ini tidak terlepas dari kolaborasi seluruh pihak. “Melalui program instalasi panel surya ini, diharapkan dapat mendorong semangat kolaborasi yang sinergis guna mendukung ESG untuk pelestarian lingkungan.” (Eko Hilman). ***