EmitenNews.com—Fitch Ratings Indonesia telah meningkatkan Peringkat Nasional Jangka Panjang PT Aneka Gas Industri Tbk (AGII) menjadi 'A(idn)' dari 'A-(idn)', dengan Outlook Stabil. Fitch pada saat yang sama meningkatkan peringkat pada semua program obligasi dan sukuk rupiah Indonesia yang beredar dan penerbitan Aneka Gas menjadi 'A(idn)' dari 'A-(idn)'.


Peningkatan tersebut mencerminkan ekspektasi kami bahwa utang bersih/leverage EBITDA akan turun menjadi 3,4x pada tahun 2022 (2021: 3,5x), di bawah sensitivitas positif kami, didukung oleh pertumbuhan EBITDA dan belanja modal yang moderat. Kami yakin belanja modal akan turun menjadi kurang dari Rp500 miliar karena belanja modal besar pada tahun 2021 akan memberikan ruang tambahan untuk kapasitas produksi.


Peringkat Nasional 'A' menunjukkan ekspektasi tingkat risiko gagal bayar yang rendah dibandingkan dengan emiten atau obligasi lain di negara atau serikat moneter yang sama


Leverage yang Lebih Rendah: Fitch memperkirakan EBITDA akan mencapai sekitar Rp890 miliar pada tahun 2022 dari Rp863 miliar pada tahun 2021 karena pendapatan tumbuh sekitar 4% sementara marjin EBITDA tetap stabil. Pertumbuhan pendapatan akan didukung oleh volume penjualan produk airgas dan non-airgas yang lebih tinggi karena harga sedikit normal dari tertinggi pada tahun 2021 yang disebabkan oleh gelombang Delta Covid-19.


Skala Tumbuh; Profil Bisnis Yang Solid: Peringkat Aneka Gas dibatasi oleh skala operasionalnya yang lebih kecil daripada perusahaan sejenis yang berperingkat lebih tinggi di skala nasional. Namun, kami berharap skala bisnisnya akan meningkat secara bertahap, sejalan dengan ekspansi kapasitas yang didukung oleh pertumbuhan aktivitas manufaktur dan industri. Batasan ukuran Aneka Gas diimbangi oleh profil bisnisnya yang kuat karena posisi pasar yang solid, marjin EBITDA yang kuat, dan arus kas kontrak jangka panjang.


Moderasi Capex: Capex yang lebih rendah pada tahun 2022 akan mendukung deleveraging dalam tiga tahun ke depan. Kami yakin belanja modal akan moderat menjadi sekitar Rp430 miliar dari Rp950 miliar pada tahun 2021 karena perusahaan fokus untuk mengoptimalkan kapasitas produksi yang ada. Belanja modal yang besar pada tahun 2021 juga harus memberikan ruang kepala kapasitas yang lebih besar. Kami tidak berharap akuisisi aset dari PT Samator terulang kembali karena operasi gas industri dalam grup telah terpusat di Aneka Gas, hanya menyisakan beberapa aset di Samator. Asumsi belanja modal kami menghasilkan rasio intensitas belanja modal 15%.


Peningkatan Arus Kas Bebas: Kami percaya moderasi belanja modal dan pertumbuhan EBITDA akan meningkatkan arus kas bebas (FCF) yang kami harapkan akan berubah menjadi positif mulai tahun 2023. Modal kerja yang relatif stabil dari hanya eksposur komoditas ringan juga akan mendukung arus kas internal. Kami juga mengharapkan kas yang dihasilkan secara internal untuk menutupi pembayaran dividen sederhana dalam tiga tahun ke depan tanpa dampak yang signifikan pada margin FCF. Perseroan membayar dividen sekitar Rp30 miliar pada Agustus 2022 dibandingkan tanpa pembayaran pada 2020 dan Rp9,6 miliar pada 2021.


Profitabilitas Stabil: Kepemimpinan Aneka Gas di pasar gas industri memberikan posisi tawar yang kuat, memungkinkannya untuk membebankan biaya produksi yang lebih tinggi kepada pelanggan akhir. Dengan demikian, perusahaan akan mampu menutupi kemungkinan kenaikan biaya listrik dengan menyesuaikan harga jualnya. Hal ini akan menghasilkan marjin EBITDA yang stabil sekitar 30%-31% selama tiga tahun ke depan (2021: 31,5%). Ini juga tidak terkena pergerakan harga komoditas, karena sifat bisnisnya hanya berarti pembelian bahan baku yang minimal dibandingkan dengan total biaya produksi.


Industrial, Medical Gas Market Leader: Fitch yakin jaringan distribusi dan logistik terpadu Aneka Gas akan terus membantu mengamankan posisinya di sektor gas industri Indonesia yang sedang berkembang. Perusahaan ini adalah produsen gas industri terbesar di negara itu, menyumbang sekitar sepertiga dari konsumsi. Kinerja bisnisnya yang tangguh sebagai pemimpin pasar meningkatkan pangsa pasar gas industri grup (seperti tabung dan gas curah) menjadi 45% pada tahun 2021 (2019: 38%), dan kami berharap hal ini akan terus berlanjut.


Aneka Gas juga merupakan pemimpin negara dalam gas medis, dengan pangsa 75%-80% menurut perusahaan. Aneka Gas memantapkan kepemimpinan pasarnya pada tahun 2021 di tengah meningkatnya permintaan oksigen medis untuk merawat pasien Covid-19. Perusahaan menyatakan bahwa permintaan oksigen medis melonjak lebih dari 4x pada Juli-Agustus 2021 karena infeksi yang lebih tinggi.


Pendapatan Kontrak; Jaringan Distribusi yang Kuat: Sebagian besar pendapatan berasal dari kontrak jangka panjang, yang memberikan visibilitas pendapatan. Manajemen memperkirakan pendapatan terkontrak sebagai bagian dari total pendapatan akan meningkat pada tahun 2023, dengan masa kontrak rata-rata yang stabil. Pendapatan gas juga terdiversifikasi dengan baik, dengan 20 pelanggan teratas hanya sekitar 20% dari total pendapatan gas. Jaringan distribusi Aneka Gas yang sudah mapan dan luas merupakan penghalang kuat bagi persaingan potensial, dengan 55 pabrik (termasuk pabrik pemisah udara) dan 106 stasiun pengisian di 28 dari 34 provinsi di Indonesia.


Peringkat Jangka Panjang Nasional Aneka Gas adalah satu tingkat lebih tinggi dari PT Bali Towerindo Sentra Tbk (A-(idn)/Stabil), yang mencerminkan posisi pasar Aneka Gas yang lebih kuat dan profil keuangan yang lebih baik serta memiliki skala rata-rata yang hampir sama. Bali Tower dianggap sebagai perusahaan menara telekomunikasi yang lebih kecil di Indonesia, dengan Bali dan Jakarta sebagai pasar utama masing-masing untuk menara makro dan tiang sel mikro. Aneka Gas di sisi lain memiliki kehadiran yang lebih beragam secara geografis di dalam negeri dan memiliki pangsa pasar yang sangat kuat di luar Jawa. Kami juga berharap Aneka Gas memiliki profil leverage yang lebih baik, dengan utang bersih/EBITDA kurang dari 3,5x dan sekitar 3,0x pada tahun 2024 dibandingkan dengan Bali Tower yang harus mempertahankan leverage sebesar 3,5x dari tahun 2022 hingga 2024. ukuran bisnis rata-rata untuk empat tahun ke depan.


Profil kredit mandiri PT Serasi Autoraya (SERA, AA-(idn)/Stabil) di 'a+(idn)' lebih tinggi dari Aneka Gas, yang mencerminkan profil keuangan SERA yang lebih kuat dengan utang bersih/EBITDA kurang dari 2,0x dan skala bisnis yang sedikit lebih besar, dengan EBITDA lebih dari Rp1,1 triliun dibandingkan dengan Aneka Gas sebesar Rp900 miliar-1 triliun dalam tiga tahun ke depan. Peringkat SERA juga diuntungkan dari arus kas yang terlihat karena bisnis penyewaan kendaraannya memberikan visibilitas arus kas karena kontrak jangka panjang yang membawa penalti untuk pemutusan hubungan kerja lebih awal.