EmitenNews.com - PT Bank Tabungan Negara (BBTN) terus mengembangkan layanan ekosistem perumahan digital (digital mortgage ecosystem). Itu ditunjukkan dengan menggandeng berbagai startup fokus pada ekosistem perumahan. Salah satunya, bekerja sama dengan Platform Arsitag, marketplace jasa layanan profesional arsitektur, desain interior, dan kontraktor.


Direktur Operation, IT and Digital Banking Bank BTN, Andi Nirwoto mengatakan, kerja sama itu untuk mewujudkan Bank BTN sebagai One stop Digital Housings Services bagi seluruh rakyat Indonesia. ”Salah satu siklus perjalanan konsumen memiliki rumah, membangun dan mengisi rumah. Pada tahap itu, Bank BTN akan memanjakan konsumen menemukan jasa profesional arsitektur, desainer interior, dan kontraktor tepat melalui platform digital mortgage milik Bank BTN,” tutur Andi, di sela-sela penandatangan kerja sama integrasi layanan sistem informasi dengan platform Arsitag pada Ekosistem Digital Bank BTN di Jakarta, Rabu (16/2).


Kerja sama Bank BTN dengan platform Arsitag sangat penting bagi ekosistem perumahan. Pasalnya, dalam platform itu, ada sekitar 6.500 profesional berbagai bidang. Dengan kerja sama itu, para pengunjung, dan pengguna BTN Properti atau digital mortgage ecosystem Bank BTN tidak hanya dapat mencari listing properti, dan mengajukan pinjaman secara digital. Lebih dari itu, para pengguna BTN Properti dapat mencari layanan renovasi, dan desain properti melalui platform digital Bank BTN. 


Pendeknya, pengguna BTN Properti tidak perlu mencari cari layanan jasa renovasi, arsitektur, dan desain interior secara manual. ”Semua itu, dapat terpenuhi melalui platform digital mortgage ecosystem milik Bank BTN. Ditambah jasa layanan disediakan partner terpercaya dengan kualitas terjamin,” ulas Andi.


Dengan kemudahan layanan itu, pengguna platform digital mortgage Bank BTN akan terus bertambah tahun ini. Pada 2021 platform digital mortgage Bank BTN mencapai 5,5 juta user, dan lebih dari 3.000 developer telah bergabung. ”Bank BTN akan terus berinovasi, dan secara bersamaan terus meningkatkan jaringan partnership dengan merangkul platform properti lain untuk maju bersama meningkatkan layanan bidang properti,” bebernya.


Sementara itu, Direktur Utama Arsitag Steven Gomedi menyambut baik kemitraan dengan Bank BTN. Melalui kerja sama itu, diyakini makin memberi kenyamanan kepada para nasabah. ”BTN merupakan Bank Top-of-Mind untuk segala kebutuhan perbankan soal properti. Melalui kerja sama partnership itu, Bank BTN dan Arsitag dapat bersinergi memenuhi kebutuhan fundamental desain, renovasi maupun bangun bagi nasabah, dan debitur BTN secara aman, nyaman, dan transparan,” tegas Steven.


Sebagai catatan, dalam pengembangan bisnis untuk menjadikan Bank BTN sebagai one stop digital housings services, perseroan telah melakukan sejumlah tindakan. Misalnya, melaunching revamp desain aplikasi BTN Properti, kerja sama dengan Pinhome dalam operasional maupun pemasaran, peluncuran aplikasi BTN Smart Residence, memberi kemudahan bagi pengelola residensi (perumahan atau apartemen), dan penghuni rumah. (*)