EmitenNews.com -PT Puri Sentul Permai Tbk (KDTN), perusahaan pelopor hotel di rest area jalan tol Indonesia, mengumumkan rencana pembangunan hotel keempatnya di Rest Area Heritage KM 260B Banjaratma-Brebes. Langkah ini mengukuhkan rekor bagi KDTN sebagai perusahaan yang memiliki hotel di rest area jalan tol paling banyak di Indonesia setelah melakukan penandatangan kerjasama pada Jumat 6 Oktober 2023.

 

Sampai saat ini KDTN sudah berhasil dengan pembangunan 3 hotel di rest area jalan tol. Perseroan memutuskan untuk memperluas jaringan hotel rest area-nya dengan melakukan kerja sama dengan entitas langsung BUMN PP Construction & Investment atau PTPP yaitu PT PP Sinergi Banjaratma sebagai pengelola Rest Area Heritage KM 260B yang merupakan salah satu rest area dengan lokasi strategis di salah satu jalur utama jalan tol Indonesia.

 

“Kami merasa senang bekerja sama dengan PT PP Sinergi Banjaratma selaku pengelola Rest Area Heritage KM 260B yang merupakan rest area terluas dengan UMKM terbanyak di Indonesia. Dengan traffic Rest Area Heritage KM 260B yang sangat baik, menjadikan rest area ini sangat strategis untuk keberadaan hotel di rest area. Selain meningkatkan edukasi bagi para pengguna jalan tol untuk beristirahat ketika lelah berkendara, keberadaan hotel di Rest Area Heritage KM 260B juga akan menambah kelengkapan fasilitas rest area yang ada saat ini” Ujar Aan R, Direktur Puri Sentul Permai (KDTN) dalam keterangan resminya, Senin (9/10/2023).

 

“Hotel ini ditargetkan selesai dan siap beroperasi pada kuartal-II 2024. Nantinya hotel akan dilengkapi dengan fasilitas Executive Lounge yang mempunyai fasilitas Buffet dengan sajian makanan-makanan khas daerah sekitar. Juga akan ada fasilitas kolam renang yang dapat digunakan oleh para pengunjung rest area maupun warga sekitar. Dengan adanya fasilitas-fasilitas ini perseroan meyakini akan menambah daya tarik rest area kedepannya. KDTN akan melakukan kolaborasi dengan UMKM sekitar melalui PT PP Sinergi Banjaratma untuk penyediaan menu-menu Lounge-nya. KDTN juga berkomitmen untuk membantu membina para UMKM yang berada di rest area KM 260B Heritage ini.” tambah Aan.

 

Dalam pengembangan hotel di rest area, Perseroan melakukan kerja sama dengan Swiss-Belhotel International untuk mengelola dan mengoperasikan hotel di rest area, dan melakukan rebranding nama hotel menjadi SwissBelexpress Rest Area. Dengan nama besar dan pengalaman Swiss-Belhotel, Perseroan meyakini hal ini akan menambah awareness masyarakat terhadap keberadaan hotel di rest area, dan terhadap penting-nya beristirahat saat lelah berkendara, sekaligus mampu meningkatkan okupansi hotel kedepan. Dengan nama Swiss-Belexpress pesan-pesan edukasi kepada para pengguna jalan tol akan lebih mudah tersampaikan. 

 

Aan menambahkan bahwa dengan melakukan rebranding nama hotel pada 5 Juni 2023 lalu menjadi Swiss-Belexpress membawa banyak dampak positif yang diantaranya pertumbuhan okupansi yang naik sampai dengan 20% setelah rebranding, disisi lain masyarakat juga mulai banyak mengetahui tentang keberadaan hotel di rest area.

 

Pembangunan hotel keempat ini juga diharapkan akan memberikan dampak positif pada perekonomian lokal dengan menciptakan peluang kerja baru di daerah tersebut, dan peningkatan kontribusi pembangunan daerah melalui pajak hotel nantinya. Perseroan berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah dan komunitas setempat untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

 

“Alasan di balik KDTN memilih lokasi ini adalah pertama kita melihat Rest Area KM 260B ini memiliki nilai klasik yang sangat baik, lokasinya juga sangat strategis dan tingkat kunjungan kendaraan di sana juga sangat baik, serta di Brebes sendiri merupakan titik lelah setelah Semarang, hal inilah yang membuat Puri Sentul Permai (KDTN) mantap untuk membangun hotel selanjutnya di rest area,” tutup Aan

 

Pada kesempatan yang sama, Dina Yunanda Direktur Utama PP Sinergi Banjaratma mengatakan, jadi kami kerjasamanya sharing revenue, PP Sinergi Banjaratma memiliki lahan 14.300 meter dengan pembagian 8.600 meter untuk hotel dan fasilitas, serta 5.600 meter untuk area parkir, nanti nya Hotel ini akan mengakomodir 27 kamar yang disewakan dan ada juga executive lounge untuk 150 kursi terus ada juga kolam renang.