EmitenNews.com - PT Dian Swastatika (DSSA) bakal membangun pabrik sel, dan modul fotovoltaik Surya. Kedua entitas itu berkapasitas masing-masing 1 GWp per tahun. Selain itu, perseroan juga akan memasarkan produk sel, modul fotovoltaik di Indonesia.


Kepastian itu didapat perseroan melalui entitas usaha tidak langsung yaitu PT Daya Anugerah Sejati Utama. Di mana, Daya Anugerah bersama Trina Solar Co. Ltd, Indonesia Power, dan PT Agra Surya Investindo telah meneken kerja sama untuk menjajaki peluang kerja sama.


Kolaborasi meliputi perencanaan, membangun, membiayai, dan mengoperasikan pabrik sel, dan modul fotovoltaik surya. Teken kesepakatan itu, dilakukan pada acara B20 bersamaan dengan acara G20 di Nusa Dua, Bali. Kerja sama itu, disaksikan Bahlil Lahadalia, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, dan Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia. 


Perseroan berharap kerja sama konkret, sebagai kelanjutan penandatanganan tersebut, segera terwujud sehingga membantu menyerap tenaga kerja, meningkatkan kemandirian, ketahanan energi, dan mendukung rencana pemerintah mencapai target penurunan emisi nasional menuju netralitas karbon pada 2060.


Teken kesepakatan itu, memang belum berdampak langsung terhadap kegiatan operasional, dan kondisi keuangan perseroan. ”Namun, diharap menjadi momentum penting bagi perseroan menjajaki bisnis energi surya, memberi nilai tambah bagi perseroan, dan pemegang saham,” tulis Susan Chandra, Corporate Secretary Dian Swastatika. (*)