EmitenNews.com - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank BTPN Tbk (BTPN) Kamis (13/4)menetapkan susunan terbaru Direksi dan Dewan Komisaris serta memutuskan penggunaan laba bersih tahun buku 2022 untuk pembayaran dividen pertama kalinya sejak 2017.


Direktur Utama Bank BTPN Henoch Munandar dalam risalah RUPST mengungkapkan pembagian dividen dari laba bersih perseroan tahun buku 2022 untuk pertama kalinya sejak 2017 seiring dengan komitmen Perseroan untuk senantiasa memberikan nilai tambah berkesinambungan sekaligus apresiasi kepada pemegang saham yang selama ini mendukung serta menjaga hubungan baik dengan Bank BTPN.

 

Dari total laba bersih Rp3,10 triliun pada 2022, Bank BTPN akan membagikan 20 persen atau Rp619,14 miliar kepada para pemegang saham. Sementara sisa laba bersih setelah dikurangi penyisihan dividen ditetapkan sebagai laba ditahan.

 

Pertumbuhan positif laba bersih ini tentunya tidak terlepas dari kinerja dan kuatnya fundamental Bank BTPN, terlebih atas komitmennya dalam mendukung resiliensi ekonomi nasional menuju endemi. Tercatat, Bank BTPN melaporkan pertumbuhan laba bersih sebesar 16% pada 2022 yang didukung oleh peningkatan pendapatan operasional dan penurunan biaya kredit. Bank BTPN berhasil menjaga rasio likuiditas dan pendanaan berada di tingkat yang sehat, tulis Henoch.

 

RUPST juga menyetujui pengangkatan Atsushi Hino sebagai Direktur menggantikan Kan Funakoshi, dengan masa jabatan terhitung efektif sejak izin kerja dan izin tinggalnya diperoleh secara lengkap hingga RUPST 2025. Atsushi telah mengikuti dan lulus uji kemampuan dan kepatutan berdasarkan surat keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

Tak hanya itu, Bank BTPN juga turut menetapkan perubahan susunan Dewan Komisaris dengan diterimanya pengunduran diri Irwan Mahjudin oleh perseroan dari jabatannya sebagai Komisaris Independen Perseroan dan mengangkat Onny Widjanarko yang masa jabatannya akan efektif setelah memperoleh persetujuan OJK hingga RUPST 2025.

 

Dengan demikian, berikut susunan baru Direksi Bank BTPN:

 

Direktur Utama: Henoch Munandar

Wakil Direktur Utama: Kaoru Furuya

Wakil Direktur Utama: Darmadi Sutanto

Direktur: Dini Herdini