EmitenNews.com - PT PGN Tbk, sebagai Subholding Gas Pertamina menggandeng tiga perusahaan gas dari Jepang yakni Osaka Gas Co, Ltd (Daigas), JGC Holding Corporation (JGC), dan Inpex Corporation serta PT Perkebunan Nusantara (PTPN) untuk menggarap proyek energi bersih biometana.

 

Biometana tersebut bersumber dari limbah minyak kelapa sawit atau palm oil mill effluent (POME) milik PTPN.

 

"Pada proyek biometana dari POME ini, PGN berpartisipasi mendukung hubungan G to G di negara-negara Asia untuk memastikan keamanan suplai dan keterjangkauan energi di masa transisi energi untuk mencapai target karbon netral.

 

Sejalan dengan kesiapan PGN untuk mengembangkan biometana yang pemanfaatannya setara dengan gas bumi bagi berbagai sektor," ujar Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Heru Setiawan dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (8/3).

 

Proyek tersebut menindaklanjuti kerja sama PT Pertamina (Persero) selaku Holding Migas dengan Daigas, JGC, dan Inpex dalam kajian bersama mengenai proyek energi bersih di Indonesia.

 

Selain itu, juga mewujudkan program Asia Zero Emission Community (AZEC), yang diumumkan Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dalam rangkaian Presidensi G20 pada 14 November 2022 di Bali.