EmitenNews.com - Barito Renewables Energy (BREN) melakukan sejumlah langkah untuk mendongkrak performa. Misalnya, menambah kapasitas proyek Salak Binary 15 megawatt (MW). Itu dilakukan perseroan melalui anak usaha yaitu Star Energy Group Holding Pte Ltd (STAR). 


Nah, proyek Salak Binary dengan penambahan kapasitas 15 MW sudah mencapai milestone penting. Yaitu mechanical completion pada 3 Oktober 2023 dengan total kemajuan mencapai 95,26 persen. Tahap penyelesaian berikutnya untuk mencapai COD ialah koneksi ke jaringan, dan komisioning ditarget tuntas akhir 2023. 


Selanjutnya, penambahan kapasitas atas unit pembangkit eksisting dengan melakukan proyek retrofit (menggunakan teknologi mutakhir, dan menambah kapasitas peralatan penunjang). Saat ini, STAR telah memulai retrofit di lapangan Salak akan menambah kapasitas 7,2 MW, dan akan mulai beroperasi pada akhir 2025. 


Perseroan melalui STAR tetap berkomitmen untuk melakukan eksplorasi panas bumi di Hamiding Maluku Utara (Malut), dan Sekincau Selatan, Lampung. “Saat ini, STAR tengah melakukan penugasan survei pendahuluan, dan eksplorasi panas bumi pada dua area eksplorasi tersebut,” tegas Merly, Direktur/Corporate Secretary Burrito Renewables Energy. 


Di samping itu, perseroan melalui STAR juga tetap aktif mencari prospek pengembangan usaha melalui akuisisi atas perusahaan energi baru dan terbarukan (EBT). Sasaran perusahaan menjadi objek akuisisi baik lokal, dan luar negeri. (*)