EmitenNews.com - PT GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) memperluas komitmen Tiga Nol seluruh ekosistem. Itu dilakukan untuk mencapai tujuan keberlanjutan secara kolektif. Komitmen Tiga Nol yaitu nol emisi, nol sampah, dan nol hambatan. 


Berdasar penilaian materialitas dilakukan Gojek pada 2021, perseroan telah memperluas cakupan kepada Tokopedia, dan GoTo Financial. Sustainability menjadi hal utama dari model bisnis perseroan, dengan mempertimbangkan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) dalam penengoperasian, dan bertumbuh sebagai perusahaan.


Target Tiga Nol seluruh organisasi, dan mendorong semua elemen GoTo melakukan dekarbonisasi terhadap kegiatan operasional dan ekosistem lebih luas. GoTo berada pada jalur tepat untuk mencapai tujuan nol emisi pada 2030. ”Gabungan total emisi gas rumah kaca cakupan 1, 2, dan 3 seluruh Grup GoTo pada 2021 sebesar 817.248 ton setara karbon dioksida (tCO2e),” tutur CEO Grup GoTo Andre Soelistyo.


GoTo juga menarget mengubah 100 persen armada pengemudi menjadi kendaraan listrik (EV) pada 2030. Sementara target nol sampah, pada 2021, GoTo untuk kali pertama menuntaskan proses penghitungan sampah seluruh ekosistem, mencakup gudang, kantor, dan layanan on-demand. Total, seluruh ekosistem GoTo menghasilkan sekitar 335 ribu metrik ton (MT) sampah per tahun. 


Di mana, kurang dari 1 persen di antaranya dari operasi langsung GoTo, dan sisanya secara tidak langsung dari ekosistem Gojek dan Tokopedia. Pada target nol hambatan, GoTo telah menyiapkan strategi memberdayakan masyarakat mendapat talenta tepat, mengembangkan keterampilan sesuai kebutuhan, mempercepat pertumbuhan, dan inklusi keuangan.


GoTo juga memperjuangkan keberagaman, kesetaraan, dan inklusi dalam seluruh ekosistem perusahaan. Laporan keberlanjutan GoTo menandai pencapaian selama satu tahun, di tengah lingkungan makro menantang, dan varian Covid-19 baru. ”GoTo juga menerbitkan peta jalan komitmen Tiga Nol di situs web resmi GoTo dalam waktu dekat,” tambah Head of Sustainability Grup GoTo Tanah Sullivan. (*)