EmitenNews.com - PT Lavender Bina Cendikia Tbk (BMBL) akan melakukan penawaran umum melalui Initial Public Offering atau IPO Sebanyak-banyaknya 280 juta Saham Baru atau  27,19% dari jumlah seluruh modal ditempatkan dan disetor penuh pada Nilai Nominal Rp 40 per lembar.

 

Dalam prospektus e-ipo yang dipubliksikan hari ini Senin (19/12) perusahaan Pendidikan Bimbingan Belajar dan Konseling Swasta tersebut mulai melakukan penawaran awal atau book building pada hari ini 19 Desember 2022 hingga 26 Desember 2022 dengan memasang kisaran Harga Rp187 hingga Rp196 per saham. Target dana  dari ipo ini sebesar Rp54.880.000.000.

 

Secara bersamaan BMBL juga menerbitkan sebanyak 224 juta Waran Seri I yang menyertai Saham Baru atau 29,87%  dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh.

 

Waran Seri I diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang Saham Baru.  Setiap pemegang 10 (sepuluh) Saham Baru Perseroan berhak memperoleh 8 Waran Seri I dimana setiap 1 (satu) Waran Seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli 1 (satu) saham baru bernilai nominal Rp40 dengan Harga Pelaksanaan sebesar Rp250. Dari penerbitan waran I ini perseroan meraih tambahan dana banyak Rp56 miliar.

 

Bertindak sebagai penjamin pelaksana efek PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia dan PT KGI Sekuritas Indonesia.

 

Rencananya, 75 persen dana hasil  IPO untuk belanja modal seperti pelunasan pembelian bangunan, ruang kantor, penambahan ruang kelas, pengembangan konten pembelajaran daring hingga program virtual reality.

 

Sisanya, 25 persen dana IPO untuk modal kerja seperti biaya pemasaran, pelatihan dan biaya konsultan pengembangan SDM. Sedangkan dana hasil pelaksanaan waran diperuntukan modal kerja.

 

Pengelola bimbel ini  menjalankan kegiatan usaha dengan nama bimbingan belajar Lavender (“Bimbel Lavender”) dengan mengkhususkan diri pada program persiapan ujian masuk PTN. Sistem belajarnya dilakukan dengan model supercamp. Siswa akan belajar dengan sistem menginap di Hotel selama kurang lebih 4-5 pekan. Semua fasilitas dan kebutuhan belajar siswa disiapkan oleh bimbel Lavender, termasuk untuk pendaftaran ujian hingga pengantaran siswa ke tempat ujian.

 

Per 31 Juli 2022 perseroan membukukan laba bersih Rp4,144 miliar dari meraup pendapatan Rp9,987 miliar.