EmitenNews.com - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) tengah mencermati pergerakan dan pola transaksi harga Saham PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN). Pasalnya terjadi peningkatan harga di luar kebiasaan (Unusual Market Activity/UMA).

 

Pada perdagangan 30 Oktober kemarin, saham emiten batu bara milik Prajogo Pangestu tersebut  ditutup di Rp 5.200 atau naik 16,33%. Pada 27 Oktober CUAN terbang 24,86%. Dan dalam satu minggu terakhir saham ini melesat 78,08%.

 

Petrindo Jaya Kreasi mencatatkan sahamnya di BEI per 8 Maret 2023. Perseroan menggelar initial public offering (IPO) di Rp 220/saham. Artinya per penutupan 30 Oktober, saham ini melambung 2.263% dari harga perdana.

 

Sehubungan dengan terjadinya UMA atas perdagangan saham CUAN, BEI meminta para investor untuk memperhatikan jawaban perusahaan tercatat atas permintaan konfirmasi bursa,  tulis Kadiv. Pengawasan Transaksi BEI, Yulianto Aji Sadono dalam pengumuman bursa Senin (31/10).

 

Selain itu, Bursa juga menghimbau agar para investor mencermati kinerja perusahaan tercatat dan keterbukaan informasinya, serta mengkaji kembali rencana corporate action perseroan apabila belum mendapatkan persetujuan RUPS, dan mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi.