EmitenNews.com - Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) mengerek peringkat Waskita Beton Precast (WSBP) menjadi idB dari semula idD. Rating itu juga berlaku untuk Obligasi Berkelanjutan I/2019. Prospek peringkat perusahaan stabil. 


Tindakan itu, menindaklanjuti telah efektifnya perjanjian homologasi antara perseroan dengan kreditur sejak 20 September 2022 lalu. Itu disebutkan dalam salinan putusan kasasi yang diterima pada 5 Januari 2023. Perusahaan telah mencadangkan dana akan digunakan untuk pembayaran kewajiban keuangan yang dijadwalkan pada Maret 2023. 


Peringkat itu, mencerminkan pandangan Pefindo tentang posisi mapan perseroan dalam industri pracetak. Peringkat itu, dibatasi profil keuangan sangat lemah, dan sensitivitas terhadap kondisi ekonomi makro. Pefindo dapat menaikkan peringkat kalau perseroan mampu memenuhi kewajiban berdasar perjanjian homologasi secara berkelanjutan sambil memperbaiki manajemen operasi, dan menghasilkan arus kas memadai. 


Sebaliknya, Pefindo dapat menurunkan peringkat kalau performa operasi menurun dibanding perusahaan, dan makin memperburuk arus kas untuk memenuhi kewajiban keuangan. Perseroan perusahaan pracetak berdiri pada 2014. Waskita Beton, sebelumnya merupakan divisi pracetak  Waskita Karya (WSKT) bergerak bidang industri pembuatan beton readymix, dan pracetak. 


Waskita Beton didukung sembilan pabrik precast dengan total kapasitas produksi tahunan 3,7 juta ton. Per 30 Juni 2022, pemegang saham Waskita Beton yaitu Waskita Karya 59,9 persen, publik 40,0 persen, dan Koperasi Waskita 0,1 persen. (*)