EmitenNews.com - IHSG pada perdagangan Senin 20 Juni 2022 ditutup menguat 0,57% ke level 6976. Saham consumer noncyclical membukukan kenaikan terbesar, sedangkan saham sektor transportasi mengalami koreksi terbesar. Investor asing net sell Rp828,79 miliar.


Untuk perdagangan hari ini Waterfront Sekuritas memperkirakan IHSG akan bergerak di kisaran support 6.858/6.803 dan resistance 7.030/7.085. Adapun saham yang direkomendasikan adalah BBCA, ARTO, ADMR, INDY, SRTG, UNVR, MYOR, INDF, dan ICBP.


Bursa Wall Street libur Juneteenth National Independence Day pada hari Senin kemarin. Indeks bursa Eropa pada perdagangan kemarin ditutup menguat, rebound dari pasar yang bergejolak pada pekan lalu.


"Bursa Eropa pada pekan lalu berfluktuasi yang disebabkan oleh kenaikan suku bunga The Fed, Bank of England dan Swiss National Bank," kata analis Waterfront, Ratna Lim.


Bank of England menaikkan suku bunga untuk yang kelima kalinya berturut-turut pada pekan lalu, sedangkan Swiss National Bank mengejutkan pasar dengan menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya sejak tahun 2007. ECB juga mengumumkan rencananya untuk membuat instrumen baru sebagai upaya mengatasi risiko bagi ekonomi area euro.


Indeks bursa Asia pada perdagangan kemarin cenderung mix, merespon Bank Sentral China yang mempertahankan suku bunga pinjaman tenor satu tahun dan lima tahun tidak berubah.