EmitenNews.com - DPR RI dalam rapat paripurna Selasa (18/1) kemarin mengesahkan RUU Ibu Kota Negara (IKN) menjadi UU. Pengesahan tersebut mendorong intraday rebound pada sejumlah saham konstruksi yang sempat melemah signifikan di awal perdagangan.


Analis Phintraco Sekuritas, Valdy Kurniawan, memprediksi intraday rebound di Sesi II Selasa kemarin membuka peluang rebound IHSG ke kisaran 6645-6660 di perdagangan hari Rabu (19/1) ini.


Secara teknikal, Stochastic RSI telah memasuki oversold area. Di sisi lain, kecenderungan net buy investor asing, terutama pada saham-saham bluechip masih berlanjut sejak 5 Januari 2021.


Oleh sebab itu Valdy menyarankan pelaku pasar untuk memperhatikan saham-saham bluechip, terutama TLKM, BBRI, BBTN, ARTO, ADRO, ICBP, CPIN dan JPFA di perdagangan hari ini.


"Hal ini dipicu oleh peningkatan uncertainty risk seiring kecenderungan peningkatan kasus baru harian Covid-19 dalam sepekan terakhir," katanya.


Penambahan kasus baru tersebut diikuti peningkatan bed occupancy rate (BOR) nasional ke 6% per 16 Januari 2021 dari 3% di 4 Januari 2021. Perkembangan kondisi COVID-19 tersebut memicu kekhawatiran adanya pengetatan restriksi kegiatan masyarakat lebih lanjut.(fj)