EmitenNews.com -IHSG diperkirakan mulai melanjutkan tren bullish pada rentang harga perdagangan 7200-7300 di Rabu (17/1). 

“Secara teknikal, Golden cross Stochastic RSI di area oversold bersamaan dengan penyempitan indikator MACD mengonfirmasi tanda-tanda pelanjutan tren bullishnya,” kata Valdy Kurniawan Head Of Research Phintraco Sekuritas.

Pada kondisi domestik, rilis data neraca perdagangan Indonesia (NPI) pada Senin (15/1) masih menjadi sentimen utama di pekan ini. Kinerja ekspor-impor pada bulan Desember 2023 tercatat surplus USD3.31 miliar dengan kinerja ekpor yang naik 1.89% mom dan impor yang menurun 5.76% mom. 

Secara kumulatif pada tahun 2023, China merupakan mitra dagang impor nonmigas terbesar dengan nilai USD62.18 miliar atau setara dengan 33.42% total impor.

Dari sisi regional, rilis data pertumbuhan GDP China (17/1) menjadi salah satu data yang dinanti pelaku pasar mengingat China adalah mitra dagang utama Indonesia sehingga pertumbuhan ekonomi China menjadi penting karena akan berkaitan erat dengan kinerja ekspor-impor Indonesia. 

Di sisi lain, pelaku pasar juga mencermati rilis data inflasi Inggris dan Europe Area (17/1) yang menjadi salah satu faktor penting dalam keputusan suku bunga acuan bank sentral dalam beberapa bulan kedepan.

Dengan demikian, saham-saham ini dapat dicermati pada Rabu (17/1) antara lain RAJA, TAPG, KAEF, INDY, NCKL, dan ANTM.