EmitenNews.com—Terbentuk pola hammer berdasarkan pergerakan Jumat (30/9), membuka peluang IHSG untuk mencatatkan technical rebound di Senin (3/10). Indikasi oversold pada indikator Stochastic RSI turut memperkuat potensi technical rebound tersebut.


Dari eksternal, kenaikan China NBS Manufacturing PMI ke 50.1 di September 2022 dari 49.4 di Agustus 2022 yang artinya sektor manufaktur di Tiongkok kembali ke fase ekspansif menjaga optimisme kinerja ekspor Indonesia di September 2022.


Dari dalam negeri, pelaku pasar mengantisipasi data inflasi September 2022. Pasar mengantisipasi lonjakan inflasi di September 2022, seiring dengan kenaikan harga BBM subsidi di awal September 2022. Meski demikian, laju inflasi diperkirakan kembali melandai di Oktober 2022.


Dengan demikian, saham komoditas kembali menjadi fokus pelaku pasar, seperti ADRO, PTBA, INDY, MEDC, ANTM dan INCO pada perdagangan Jumat (30/9). Saham-saham tersebut masih dapat diperhatikan di awal pekan, kata Analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan.


Disamping itu, saham-saham perbankan berkapitalisasi besar (BBCA, BBRI dan BMRI) dapat diperhatikan. Cermati peluang maintain buy/buy on support jika terjadi koreksi pasca rilis data inflasi (3/10).