EmitenNews.com—Penguatan Kamis (28/7) membuka peluang uji level psikologis 7000 di Jumat. Rising window dan pola marubozu didukung volume transaksi memperkuat pandangan untuk Jumat (29/7).

 

Dari eksternal, penguatan indeks-indeks di Eropa masih berlanjut hingga Kamis (28/7) sore WIB. Penguatan ini dipicu oleh clue bahwa the Fed kemungkinan less hawkish dalam pertemuan September 2022 dan bulan-bulan mendatang.

 

Sebelumnya, indeks-indeks Wall Street juga mencatatkan penguatan signifikan di perdagangan Rabu (27/7) dipicu sentimen yang sama. Selain FOMC the Fed, katalis positif juga berasal dari kinerja Q2-2022 sejumlah perusahaan teknologi di AS yang berada di atas ekspektasi.

 

“Serupa, IHSG juga ditopang oleh peningkatan kinerja Q2-2022 sejumlah emiten, terutama emiten bank besar. Sejumlah bank besar seperti BBCA dan BBNI juga dijadwalkan rilis laporan keuangan Q2-2022 di pekan ini, kata Valdy Kurniawan Analis Phintraco Sekuritas, Jumat (29/7/2022).

 

Mempertimbangkan hal tersebut, saham-saham blue chip lain, seperti TLKM, ASII, UNTR kembali menjadi top picks untuk saat ini. SMRA, PWON, CTRA, BSDE, TKIM, BHIT dan RMKE juga dapat diperhatikan di akhir pekan ini. Pasar juga dapat mencermati peluang buy on support/speculative buy di saham-saham defensive, terutama INDF, ICBP, UNVR dan MYOR.